Nilai Tambah, Pendapatan, dan Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Keripik Pare Oven Pada PT. Makecy Indonesia Jaya di Kabupaten Jember
Abstract
PT. Makecy Indonesia Jaya merupakan agroindustri skala rumah tangga dengan jumlah produksi terbatas yaitu sebesar 240 kg pare setiap bulan yang dapat menghasilkan produk keripik pare oven sebanyak 936 kemasan. Harga jual produk keripik pare oven yaitu sebesar Rp 18.000 dengan berat isi 60 gram. Penjualan produknya berfluktutif tiap bulannya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis nilai tambah metode hayami, analisis pendapatan dan R/C ratio (Return Cost Ratio), analisis sensitivitas, dan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Nilai tambah pengolahan pare menjadi produk keripik pare oven adalah sebesar Rp 20.563,73/kg dan rasio nilai tambah sebesar 48,96%. (2) Pendapatan yang diperoleh agroindustri keripik pare oven PT. Makecy Indonesia Jaya per satu kali proses produksi dan per bulan adalah Rp 1.312.911,75 dan Rp 10.503.294,00 (tercatat menguntungkan). Nilai R/C ratio sebesar 2,66 menunjukkan usaha efisien. (3) Sensitivitas usaha jika terjadi kenaikan biaya variabel sebesar 15% atau penurunan produksi sebesar 15% berdasarkan pendapatan dan efisiensi usaha agroindustri keripik pare oven ini secara finansial masih tercatat menguntungkan dan efisien. (4) Alternatif strategi yang dipandang efektif dan efisien guna mengembangkan usaha agroindustri keripik pare oven adalah strategi SO yaitu memanfaatkan kekuatan guna memperoleh peluang.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]