Pengaruh Konten Pemasaran Instagram Terhadap Minat Beli Followers Pada Restoran Srengenge Wetan Banyuwangi
Abstract
Konten pemasaran merupakan proses untuk mempromosikan suatu produk,
perusahaan dan merek melalui konten tulisan, video dan atau suara. Pada media
sosial instagram, ada banyak pengguna instagram yang memanfaatkan akun
instagram miliknya sebagai media untuk memasarkan serta menjual produk/jasa
dengan membagikan konten produk dari penjual. untuk menciptakan konten
pemasaran yang menarik dan kreatif terdapat design, current event, the reading
experience, timing dan terakhir adalah tone yang menjadi aspek yang harus
diperhatikan. Di Banyuwangi perkembangan dalam penggunaan media sosial
instagram untuk pemasaran cukup pesat. Restoran Srengenge Wetan yang
merupakan restoran terbaik di Banyuwangi yang memiliki rating 4.5 juga
menggunakan media sosial Instagram untuk keperluan bisnis. Restoran ini
mempunyai akun instagram dengan username @srengengewetan yang memiliki
4.744 Followers dan 686 unggahan. Akun instagram @srengengewetan merupakan
salah satu media yang jadi sumber data serta rujukan untuk calon konsumen atau
followers kala hendak melakukan bermacam aktivitas yang berhubungan dengan
kuliner. Di sini penulis ingin meneliti sebesar apa pengaruh konten pemasaran
instagram pada akun @srengengewetan terhadap minat pembelian followers
dengan memakai Regresi Linier Berganda. Dengan menggunakan sample sebanyak
262 dengan syarat responden harus merupakan pengguna Instagram dan merupakan
followers dari akun @srengengewetan. Lalu hasilnya dapat diketahui bahwa
terdapat pengaruh simultan dan signifikan antara variable design, current event, the
reading experience, timing dan tone terhadap minat beli followers dengan nilai F hitung sebesar 37,634. Dan secara parsial, variable design dan tone tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli dengan hasil t hitungnya sebesar 0,415 untuk design dan 1,225 untuk tone. Lalu untuk variable current event, the reading experience dan timing memliki pengaruh dan signifikan terhadap minat beli followers dengan hasil nilai t hitung 3,121 untuk current event, 3,566 untuk the
reading experience dan 5,364 untuk timing. Bisa dilihat dari nilai t hitung, untuk
variable yang memiliki pengaruh yang paling dominan adalah varibel timing