• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelaksanaan Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat Keliling di Alun-alun Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Eric Maulana Reformadias 170910201061.pdf (1.935Mb)
    Date
    2023-09-19
    Author
    REFORMADIAS, Eric Maulana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak, diperlukan langkah mudah untuk membayar pajak yaitu layanan SAMSAT Keliling. Samsat Keliling merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang beroperasi menggunakan mobil dan mendatangi titik lokasi yang sudah ditentukan. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang Pelaksanaan Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat Keliling di Alun-alun Kabupaten Jember berdasarkan UU No.25 tahun 2009 tentang Standar Pelayanan Publik yang meliputi: (1) dasar hukum, (2) persyaratan, (3) sistem, mekanisme dan prosedur, (4) jangka waktu penyelesaian, (5) biaya/tarif, (6) produk pelayanan, (7) fasilitas, (8) kompetensi pelaksanaan, (9) pengawasan internal, (10) pengaduan saran dan masukan, (11) jumlah pelaksana, (12) jaminan pelayanan, (13) jaminan keamanan dan keselamatan dan, (14) evaluasi kinerja pelaksana. Metode yang dipakai menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data menggunakan metode uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi. Temuan penelitian ini adalah samsat merupakan bentuk kerjasama dari tiga lembaga yaitu Kepolisian, Pengelola Keuangan Daerah, dan Jasa Raharja. Pelaksanaan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di samsat keliling alun-alun Jember sudah sesuai dengan standar pelayan publik pada UU No 25 tahun 2009, namun masih perlu adanya peningkatan pelayanan seperti sosialisasi di media sosial dan fasilitas pelayanan di samsat keliling alun-alun. Kesimpulan penelitian ini adalah samsat keliling alun-alun Kabupaten Jember tergolong produktif, fleksibel, dan efisien karena mempunyai jadwal pada malam hari yaitu senin sampai jumat pada pukul 19.00 sampai 20.30 serta mempunyai target waktu pelayanan yaitu 10 menit per wajib pajak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124197
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5741]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository