• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Biaya Transaksi dan Strategi Pemasaran Mangga Garifta di Kecamatan Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.418Mb)
    doc.pdf (1.418Mb)
    Date
    2023-03-24
    Author
    AINUN, Widya Fras
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mangga Garifta merupakan varietas mangga baru yang dikembangkan oleh pemerintah di Kabupaten Situbondo. Mangga Garifta direncanakan sebagai ikon buah Kabupaten Situbondo karena memiliki keunikan dari segi warna yang menarik dan rasa yang unik. Keunggulan Mangga Garifta memiliki daya tahan lebih lama daripada jenis mangga lainnya. Pemerintah Kabupaten Situbondo memprogramkan Mangga Garifta sebagai komoditas ekspor dalam rangka perluasan pasar. Pemasaran Mangga Garifta masih terbatas baik secara pasar lokal dan pasar internasional. Pemasaran Mangga Garifta di pasar nasional ada di pasar modern seperti supermarket dan restoran. Program perluasan pasar tersebut belum terealisasi karena produksi Mangga Garifta belum mampu memenuhi permintaan konsumen. Tahun ini produksi Mangga Garifta menurun hingga 30% dikarenakan perubahan cuaca sehingga merontokkan bunga. Keterbatasan pemasaran Mangga Garifta baik lokal dan internasional berhubungan dengan lembaga pemasaran. Banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat mempengaruhi terbentuknya pola pemasaran. Lembaga pemasaran dalam melakukan transaksi Mangga Garifta mengeluarkan biaya yang seringkali tidak dihitung karena nilainya yang terlalu kecil dan sulit teridentifikasi yaitu biaya transaksi. Struktur biaya transaksi seperti biaya pencarian informasi, biaya negosiasi dan biaya pengendalian risiko. Pemasaran Mangga Garifta perlu dioptimalkan dengan strategi-strategi yang tepat supaya tercapai perluasan pasar melalui identifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Berdasarkan fenomena tersebut perlu adanya penelitian tentang (1) bagaimana pola pemasaran Mangga Garifta, (2) struktur biaya transaksi setiap pola pemasaran Mangga Garifta dan (3) strategi pemasaran Mangga Garifta. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripitif, transaction cost, serta analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian di lapang menunjukkan bahwa terdapat 3 pola pemasaran Mangga Garifta di Desa Sopet yaitu pola pemasaran I (petani-kelompok tani-konsumen), pola pemasaran II (petani-kelompok tani-koperasi-konsumen) dan pola pemasaran III (petanikelompok tani-eksportir-konsumen luar negeri). Fungsi pemasaran pada masingmasing lembaga pemasaran diantaranya fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Fungsi pertukaran yaitu fungsi yang dilakukan oleh lembaga pemasaran meliputi kegiatan jual beli Mangga Garifta. Fungsi fisik meliputi pengemasan, pengangkutan, dan penyimpanan. Fungsi fasilitas diantaranya sortasi dan grading, pembiayaan, penanggung risiko, dan informasi pasar. Struktur biaya transaksi pada pemasaran Mangga Garifta di Desa Sopet meliputi biaya informasi, biaya negosiasi dan biaya risiko. Biaya transaksi paling sedikit yaitu pada saluran pemasaran I (petani-kelompok tani-konsumen). Alternatif strategi pemasaran Mangga Garifta yang sesuai yaitu mengoptimalkan hasil produksi dan menjaga kualitas Mangga Garifta sesuai SOP serta meningkatkan intensitas promosi Mangga Garifta untuk meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan. Mutu Mangga Garifta yang sesuai standar yaitu varietas seragam, tingkat kematangan seragam, buah utuh (tidak pecah, terbelah atau terkelupas), berat buah seragam, permukaan kulit buah bersih bebas dari serangan hama dan penyakit serta aman untuk dikonsumsi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124097
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4426]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository