• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rangcang Bangun Pengereman Regeneratif Otomatis dengan Variabel Kemiringan

    Thumbnail
    View/Open
    doc (5).pdf (965.0Kb)
    Date
    2024-07-22
    Author
    GHATHFAN, M. Daffa Firas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kendaraan listrik memiliki jarak tempuh yang lebih pendek, banyak orang di Indonesia tidak menggunakannya. Selain itu, jarang ada tempat untuk mengisi baterai kendaraan listrik. Oleh karena itu, pengereman regeneratif telah dikembangkan untuk meningkatkan jarak tempuh kendaraan listrik. Pada penelitian ini menggunakan kontrol kemiringan suatu medan yang hanya dapat berfungsi pada medan miring. Penelitian ini menggunakan mesin dc sebagai komponen utama untuk menggerakkan gokart dan juga sebagai generator untuk menyuplai daya ke baterai. Lalu pada kontrol terdapat sensor tilt yang berfungsi membaca suatu kemiringan medan yang akan di proses oleh mikrokontroller ESP 32. Penelitian ini menggunakan data acuan rpm awal gokart bergerak, dan menjadi tujuan untuk dapat mengisi baterai. Hasil penelitian yang didapat pengisian baterai dan pengereman dapat terjadi. Pada pengujian pembuktian pengereman dapat dibandingkan pada tabel data open circuit dan tabel data pengujian dengan sistem pengereman terjadi pada pengujian open circuit kemiringan 5ᵒ pada kecepatan awal rpm 400 dengan waktu tempuh 42 sekon pada jarak 107 meter, sedangkan pada data pengereman regeneratif dengan rpm awal 400 mendapatkan waktu tempuh 35 sekon pada jarak 113 meter. Sedangkan pada pembuktian terjadinya pengisian baterai dapat dibandingkan pada tebel data pengujian sistem dengan kemiringan 5 derajat dan 9 derajat nilai data kemiringan 5 derajat pada rpm awal 400 menunjukkan nilai daya rata-rata 2.8868316 Watt, dan kemiringan 9 derajat menunjukkan nilai daya rata-rata 3.88852 Watt. Sehingga dapat disimpulkan Sistem pengereman regeneratif ini dapat mengisi baterai, meningkatkan kapasitas penyimpanan. Ini terutama berlaku pada medan turunan yang panjang. Meskipun pengujian dilakukan dalam waktu yang singkat, arus yang dihasilkan saat gokart melintasi kemiringan 5° dan 9° dengan RPM awal 0 – 400 menunjukkan kapasitas pengisian. Medan magnet antara rotor dan stator mesin DC menciptakan pengereman yang mengurangi jarak dan waktu tempuh. Sebuah contoh, dengan kemiringan lima derajat dan RPM awal 0, waktu tempuh 29 detik sejauh 87 meter dalam kondisi sirkuit terbuka berbeda dengan 23 detik sejauh 82 meter dengan pengereman regeneratif. Daya yang dihasilkan 2,89 Watt pada kemiringan 5° dan 3,89 Watt pada kemiringan 9° pada RPM awal 400, berbanding lurus dengan kecepatan motor dan kemiringan. Kata kunci: Pengereman Regeneratif, Motor dc, Pengisian Baterai, Kemiringan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124012
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4266]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository