• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Appreciative Inquiry pada Pelatihan Public Speaking for Youth di The Jannah Institute Jember

    Thumbnail
    View/Open
    AYUNDA ALIFIYA D_200210201068_REPOSITORY.pdf (2.505Mb)
    Date
    2024-07-18
    Author
    DAMAYANTHI, Ayunda Alifiya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan komunikasi, khususnya public speaking, merupakan salah satu keterampilan krusial karena memungkinkan generasi muda menyampaikan ide, berinteraksi, dan berkolaborasi secara efektif. Public speaking tidak hanya memberikan manfaat pribadi, tetapi juga penting dalam dunia profesional, di mana kemampuan ini sangat dihargai oleh pemberi kerja. The Jannah Institute telah berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan public speaking melalui program pelatihan yang menggunakan pendekatan appreciative inquiry. Appreciative inquiry adalah metode yang berfokus pada kekuatan dan aspek positif, memungkinkan peserta mengeksplorasi dan menghargai kemampuan mereka serta merancang cara-cara untuk meningkatkan keterampilan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi appreciative inquiry dalam pelatihan public speaking di The Jannah Institute. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk penelitian sejenis dan memberikan wawasan tentang penerapan appreciative inquiry dalam pembelajaran public speaking untuk generasi muda. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, program studi, dan lembaga terkait dalam meningkatkan pengetahuan dan implementasi appreciative inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive area karena sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu di The Jannah Institute Jember. Sementara itu, teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan enam informan yang menjadi sasaran penelitian ini, yaitu dengan inisial PR, EN, dan AL untuk informan kunci serta inisial RN, AU, dan HN untuk informan pendukung. Peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keabsahan data. Peneliti juga menerapkan metode analisis Miles dan Huberman dalam pengambilan data yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi appreciative inquiry pada pelatihan public speaking for youth di The Jannah Institute Jember, pendekatan appreciative inquiry diterapkan melalui empat fase 4-D yang kemampuannya untuk mengubah paradigma dari fokus pada masalah (deficit based) menjadi fokus pada kekuatan dan potensi (strength-based). Adapun pada tahap discovery, peserta diajak untuk mengidentifikasi dan menghargai kekuatan mereka sendiri dalam berbicara di depan publik. Ini melibatkan pengenalan terhadap keterampilan yang sudah dimiliki dan berhasil diterapkan dalam situasi situasi sebelumnya. Selanjutnya, tahap dream memungkinkan peserta untuk membayangkan masa depan yang diinginkan dalam konteks kemampuan public speaking mereka. Tahap design membawa visi tersebut menjadi kenyataan dengan merancang strategi dan taktik yang spesifik untuk mengembangkan keterampilan public speaking. Terakhir, tahap destiny menekankan pada penerapan nyata dari keterampilan yang telah dikembangkan, baik dalam lingkungan pelatihan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didorong untuk terus mengasah dan mengaplikasikan keterampilan mereka dalam berbagai konteks untuk mencapai dampak yang berkelanjutan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan appreciative inquiry dalam pelatihan public speaking for youth di The Jannah Institute menekankan kekuatan dan potensi daripada kekurangan, membimbing peserta melalui fase 4-D yaitu: discovery, dream, design, dan destiny. Peserta pelatihan dibimbing melalui fase fase: 1) discovery, mengidentifikasi kekuatan; 2) dream, membayangkan potensi masa depan ideal; 3) design, melibatkan perencanaan strategis; dan 4) destiny, menekankan aplikasi praktis. Pendekatan ini membantu peserta menginternalisasi keterampilan public speaking dengan berfokus pada kekuatan dan potensi mereka, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan hasil yang berdampak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository