• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi pada Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Kelas XII SMKN 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Widayanti-190210301009.pdf (2.892Mb)
    Date
    2024-07-25
    Author
    WIDAYANTI, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa berprestasi di kelas XII jurusan akuntansi dan keuangan (AKL) SMKN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi kelas XII jurusan akuntansi dan keuangan lembaga (AKL) SMKN 1 Jember yang pernah mendapatkan peringkat pertama nilai rapor atau pernah menjuarai lomba tingkat kabupaten atau nasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa berprestasi menggunakan gaya belajar yang berbeda. Penggunaan gaya belajar menunjukkan adanya kombinasi antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Gaya belajar visual dominan terlihat pada 1 mahasiswa, gaya belajar auditorial dominan terlihat pada 5 mahasiswa, dan gaya belajar kinestetik dominan terlihat pada 2 mahasiswa, serta kombinasi 3 gaya belajar terlihat pada 3 mahasiswa. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah auditorial. Penggunaan gaya belajar pada siswa berprestasi dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran akuntansi, cara guru mengajar, faktor fisik, sosiologis, dan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa berprestasi kelas XII AKL SMKN 1 Jember menggunakan kombinasi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan preferensi yang berbeda-beda.Gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar auditorial.Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan gaya belajar adalah karakteristik mata pelajaran akuntansi, cara guru mengajar, faktor fisik, sosiologis, dan lingkungan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository