Show simple item record

dc.contributor.authorWIDAYANTI, Sri
dc.date.accessioned2024-08-15T06:40:20Z
dc.date.available2024-08-15T06:40:20Z
dc.date.issued2024-07-25
dc.identifier.nim190210301009en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123981
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa berprestasi di kelas XII jurusan akuntansi dan keuangan (AKL) SMKN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi kelas XII jurusan akuntansi dan keuangan lembaga (AKL) SMKN 1 Jember yang pernah mendapatkan peringkat pertama nilai rapor atau pernah menjuarai lomba tingkat kabupaten atau nasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa berprestasi menggunakan gaya belajar yang berbeda. Penggunaan gaya belajar menunjukkan adanya kombinasi antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Gaya belajar visual dominan terlihat pada 1 mahasiswa, gaya belajar auditorial dominan terlihat pada 5 mahasiswa, dan gaya belajar kinestetik dominan terlihat pada 2 mahasiswa, serta kombinasi 3 gaya belajar terlihat pada 3 mahasiswa. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah auditorial. Penggunaan gaya belajar pada siswa berprestasi dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran akuntansi, cara guru mengajar, faktor fisik, sosiologis, dan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa berprestasi kelas XII AKL SMKN 1 Jember menggunakan kombinasi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan preferensi yang berbeda-beda.Gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar auditorial.Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan gaya belajar adalah karakteristik mata pelajaran akuntansi, cara guru mengajar, faktor fisik, sosiologis, dan lingkungan.en_US
dc.description.sponsorshipTitin Kartini, S.Pd., M.Pd. Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGAYA BELAJARen_US
dc.subjectSISWA BERPRESTASIen_US
dc.subjectAKUTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGAen_US
dc.titleAnalisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi pada Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Kelas XII SMKN 1 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Titin Kartini, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record