Perlindungan Hukum terhadap Pelaku Usaha Atas Itikad Tidak Baik Konsumen dalam Pembelian Produk Melalui Transaksi E-commerce
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak yang signifikan di berbagai sektor terutama dalam sektor perekonomian. Salah satu pemasaran bisnis baru yang kian populer yakni e-commerce yang mampu memberikan kemudahan dalam setiap transaksinya. Namun dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan tidak menutup kemungkinan terjadinya kerugian tidak hanya pada konsumen namun juga pelaku usaha. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan perlindungan hukum terhadap pelaku usaha yang dianalisis dengan menggunakan metode yuridis normatif dan dilakukan dengan penelitian studi kepustakaan. Dalam penelitian ini peneliti mengupas hubungan hukum para pihak dalam transaksi e-commerce juga perlindungan hukum yang dapat diberikan pada pelaku usaha yang dianalisis melalui perlindungan hukum internal dan eksternal. Selanjutnya untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha peneliti menguraikan beberapa pilihan penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan hak hak yang seharusnya didapatkannya.
Collections
- UT-Faculty of Law [6217]