• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SILVIA PUSPITA SARI (200210204092).pdf (2.630Mb)
    Date
    2024-07-26
    Author
    SARI, Silvia Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Lingkungan belajar di sekolah merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran yang dipilih, kurikulum yang diterapkan, media/alat pembelajaran yang digunakan, baik buruknya interaksi antara guru dengan siswa maupun interaksi antar siswa, dan penerapan disiplin sekolah merupakan beberapa indikator yang menjadi penentu dalam ketercapaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan di atas, maka dapat ditentukan bahwa rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni “untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso.” Pada penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel penelitian yang berjumlah 42 siswa pada kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalui observasi dan tes hasil belajar. Adapun metode analisis data yang dipakai yakni dengan menggunakan uji Korelasi Product Moment yang berbantuan program SPSS versi 26. Dalam penelitian ini sebelum melaksanakan pengujian hipotesis, data perlu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu yakni data harus berdistribusi normal yang dapat dihitung dengan melalui uji normalitas data dan kedua variabel harus linier yang dapat dihitung dengan menggunakan uji linieritas data. Dalam proses analisis data ini dibantu dengan menggunakan program aplikasi olah data SPSS versi 26. Pada uji normalitas data diperoleh hasil sebesar 0,091 untuk variabel lingkungan sekolah dan 0,201 untuk variabel hasil belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut telah berdistribusi normal dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan angka lebih besar dari 0,05. Sedangkan pada uji linieritas data menunjukkan hasil sebesar 0,859 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang linier dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan angka lebih besar dari 0,05. Dalam melaksanakan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan menggunakan uji Korelasi Product Moment yang berbantuan program SPSS versi 26 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,894 > 0,291) sehingga hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti dengan hasil yakni H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Adapun dari uji koefisien determinasi juga diperoleh hasil sebesar 79% lingkungan sekolah memiliki kontribusi terhadap hasil belajar peserta didik, sedangkan sisanya sebesar 21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Berdasarkan dari pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan juga bagi sekolah. Adapun saran yang bisa disampaikan dari penelitian ini yakni sebaiknya lingkungan belajar sekolah dapat diciptakan dengan aman dan nyaman supaya hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik juga menjadi lebih optimal, sedangkan bagi para peneliti lain semoga penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan perlu diperhatikan juga bahwa masih terdapat faktorfaktor lain yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik pada penelitian selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123729
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository