Hubungan Antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso
Abstract
Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal
maupun faktor eksternal. Lingkungan belajar di sekolah merupakan salah satu
faktor eksternal yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Metode
pembelajaran yang dipilih, kurikulum yang diterapkan, media/alat pembelajaran
yang digunakan, baik buruknya interaksi antara guru dengan siswa maupun
interaksi antar siswa, dan penerapan disiplin sekolah merupakan beberapa
indikator yang menjadi penentu dalam ketercapaian hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan di atas, maka dapat
ditentukan bahwa rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Adakah hubungan
yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil
belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso?”. Adapun tujuan dari
penelitian ini yakni “untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan
signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik
SDN Kotakulon 1 Bondowoso.”
Pada penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel penelitian yang berjumlah 42
siswa pada kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalui observasi dan tes hasil
belajar. Adapun metode analisis data yang dipakai yakni dengan menggunakan uji
Korelasi Product Moment yang berbantuan program SPSS versi 26.
Dalam penelitian ini sebelum melaksanakan pengujian hipotesis, data
perlu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu yakni data harus
berdistribusi normal yang dapat dihitung dengan melalui uji normalitas data dan
kedua variabel harus linier yang dapat dihitung dengan menggunakan uji linieritas data. Dalam proses analisis data ini dibantu dengan menggunakan program
aplikasi olah data SPSS versi 26. Pada uji normalitas data diperoleh hasil sebesar
0,091 untuk variabel lingkungan sekolah dan 0,201 untuk variabel hasil belajar,
sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut telah berdistribusi normal
dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan angka lebih besar dari
0,05. Sedangkan pada uji linieritas data menunjukkan hasil sebesar 0,859
sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan
yang linier dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan angka
lebih besar dari 0,05.
Dalam melaksanakan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan
menggunakan uji Korelasi Product Moment yang berbantuan program SPSS versi
26 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil bahwa nilai rhitung lebih besar dari
rtabel (0,894 > 0,291) sehingga hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti
dengan hasil yakni H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Adapun dari uji koefisien
determinasi juga diperoleh hasil sebesar 79% lingkungan sekolah memiliki
kontribusi terhadap hasil belajar peserta didik, sedangkan sisanya sebesar 21%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Berdasarkan dari pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan
hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Melalui hasil penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan juga bagi sekolah.
Adapun saran yang bisa disampaikan dari penelitian ini yakni sebaiknya
lingkungan belajar sekolah dapat diciptakan dengan aman dan nyaman supaya
hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik juga menjadi lebih optimal,
sedangkan bagi para peneliti lain semoga penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan pertimbangan dan perlu diperhatikan juga bahwa masih terdapat faktorfaktor lain yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik pada penelitian
selanjutnya.