Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Silvia Puspita
dc.date.accessioned2024-08-13T03:30:09Z
dc.date.available2024-08-13T03:30:09Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.nim200210204092en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123729
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Marsel tgl 13 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractHasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Lingkungan belajar di sekolah merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran yang dipilih, kurikulum yang diterapkan, media/alat pembelajaran yang digunakan, baik buruknya interaksi antara guru dengan siswa maupun interaksi antar siswa, dan penerapan disiplin sekolah merupakan beberapa indikator yang menjadi penentu dalam ketercapaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan di atas, maka dapat ditentukan bahwa rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni “untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso.” Pada penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel penelitian yang berjumlah 42 siswa pada kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalui observasi dan tes hasil belajar. Adapun metode analisis data yang dipakai yakni dengan menggunakan uji Korelasi Product Moment yang berbantuan program SPSS versi 26. Dalam penelitian ini sebelum melaksanakan pengujian hipotesis, data perlu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu yakni data harus berdistribusi normal yang dapat dihitung dengan melalui uji normalitas data dan kedua variabel harus linier yang dapat dihitung dengan menggunakan uji linieritas data. Dalam proses analisis data ini dibantu dengan menggunakan program aplikasi olah data SPSS versi 26. Pada uji normalitas data diperoleh hasil sebesar 0,091 untuk variabel lingkungan sekolah dan 0,201 untuk variabel hasil belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut telah berdistribusi normal dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan angka lebih besar dari 0,05. Sedangkan pada uji linieritas data menunjukkan hasil sebesar 0,859 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang linier dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan angka lebih besar dari 0,05. Dalam melaksanakan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan menggunakan uji Korelasi Product Moment yang berbantuan program SPSS versi 26 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,894 > 0,291) sehingga hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti dengan hasil yakni H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Adapun dari uji koefisien determinasi juga diperoleh hasil sebesar 79% lingkungan sekolah memiliki kontribusi terhadap hasil belajar peserta didik, sedangkan sisanya sebesar 21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Berdasarkan dari pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar peserta didik SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan juga bagi sekolah. Adapun saran yang bisa disampaikan dari penelitian ini yakni sebaiknya lingkungan belajar sekolah dapat diciptakan dengan aman dan nyaman supaya hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik juga menjadi lebih optimal, sedangkan bagi para peneliti lain semoga penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan perlu diperhatikan juga bahwa masih terdapat faktorfaktor lain yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik pada penelitian selanjutnya.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Drs. Nuriman, Ph.D. Pembimbing Anggota Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLINGKUNGAN BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titleHubungan Antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Kotakulon 1 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)en_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 9 Agustus 2024en_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record