• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV di SDN Tegalrejo 1 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    repository unej skripsi 190210204124.pdf (6.003Mb)
    Date
    2023-10-18
    Author
    HASANAH, Nurul Qomariatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurangnya perhatian guru dalam penggunan model pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung tentunya berpengaruh pada minat siswa mengikuti pembelajaran. Terkhusus pada pembelajaran matematika yang cenderung dianggap sulit dan membosankan tentunya guru membutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, guru harus memilah model pembelajaran yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dikatakan salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan untuk pembelajaran matematika di kelas. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat dari proses pembelajaran dikelas, sehingga siswa dituntut untuk aktif selama proses pembelajaran beralangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas IV di SDN Tegalejo 1 Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berpolakan eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan observasi dan wawancara untuk menentukan topik penelitian, melakukan tinjauan literatur dan kajian pustaka, merumuskan masalah dan hipotesis, menentukan variabel, melakukan prosesdur penelitian berupa validasi dan uji coba instrumen tes, menganalisis data dengan uji-t dan uji ER, menguji hipotesis, menyimpulkan hasil penelitian, dan membuat laporan. Hasil validitas instrumen tes yang dilakukan oleh validator ahli dan praktisi memperoleh nilai 92,6 yang diartikan sangat layak dengan rentang skor 81,00-100. Skor hasil uji reliabilitas menunjukkan hasil 0,89 yang diartikan bahwa instrumen tas masuk dalam kategori reliabilitas tinggi dengan rentang nilai 0,85-0,89. Hasil uji t dengan metode t-test independent sample dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 memperoleh hasil t-hitung 4,871 sedangkan t-tabel 1,684. Berdasarkan hasil uji t tersebut maka di peroleh hasil bahwa t-hitung > ttabel yang artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas IV di SDN Tegalrejo 1 Kabupaten Jember. Uji Keefektifan relatif menunjukkan hasil 78,13% yang berarti model pembelajaran inkuiri terbimbing masuk dalam kategori keefektifan tinggi. Berdasarkan uraian yang sudah dijabarkan tersebut, model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika materi bangun ruang guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini masih belum sempurna, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut dengan materi yang berbeda guna mengetahui efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap materi pelajaran lain.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123653
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15513]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository