• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Explosion Box terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Curahpoh 1 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Farah Ananda Muliasari 180210204234.pdf (1.939Mb)
    Date
    2024-01-31
    Author
    MULIASARI, Farah Ananda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 penelitian ini dilaksanakan. Sampel penelitian yang dilakukan di SDN Curahpoh 1 Bondowoso berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan tes. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji pre-test dan posttest, uji homogen dan normalitas, serta uji t-tes. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) uji homogenitas mendapat nilai signifikan 0,796 dikategorikan sebagai homogen, (2) uji validitas soal diperoleh hasil cronbach's alpa 0,9688 dikategorikan instrumen tes reliabel. (3) uji normalitas pada kelas V A memperoleh nilai signifikan 0,159 dan kelas V B memperoleh nilai signifikan 0,164, sehingga dikategorikan berdistribusi normal, (4) uji hipotesis terdapat selisih nilai dari t-hitung dengan t-tabel, diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,923 dan t-tabel sebesar 2,024 yang artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel, dan perbandingan hasil rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 86,80 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 74,60, sehingga, kelas eksperimen memiliki nilai lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji keefektifan relatif mendapatkan hasil 54,83% yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan sedang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Model Two Stay-two Stray (TSTS) Berbantuan Media Explosion Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Curahpoh 1 Bondowoso. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memahami adalah tidak memperhatikan arahan atau petunjuk dari guru dan siswa ramai sendiri serta faktor dari dalam diri siswa. Adapun saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam menentukan langkah yang tepat di dalam menyelesaikan permasalah khususnya pada pembelajaran IPAS bab 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yakni kurang memperhatikan arahan atau petunjuk guru dan ramai sendiri, sehingga disarankan pada guru untuk menjelaskan atau memberikan arahan dengan cara lebih menarik serta menjelaskan detail-detail yang akan dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung agar siswa lebih memperhatikan dan tidak ramai. Selain itu, siswa perlu untuk lebih teliti dalam memperhatikan arahan atau petunjuk yang diberikan oleh guru agar tidak mengalami kebingungan pada saat melakukan pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123464
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15513]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository