Show simple item record

dc.contributor.authorMULIASARI, Farah Ananda
dc.date.accessioned2024-08-12T03:29:25Z
dc.date.available2024-08-12T03:29:25Z
dc.date.issued2024-01-31
dc.identifier.nim180210204234en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123464
dc.description.abstractDesain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 penelitian ini dilaksanakan. Sampel penelitian yang dilakukan di SDN Curahpoh 1 Bondowoso berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan tes. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji pre-test dan posttest, uji homogen dan normalitas, serta uji t-tes. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) uji homogenitas mendapat nilai signifikan 0,796 dikategorikan sebagai homogen, (2) uji validitas soal diperoleh hasil cronbach's alpa 0,9688 dikategorikan instrumen tes reliabel. (3) uji normalitas pada kelas V A memperoleh nilai signifikan 0,159 dan kelas V B memperoleh nilai signifikan 0,164, sehingga dikategorikan berdistribusi normal, (4) uji hipotesis terdapat selisih nilai dari t-hitung dengan t-tabel, diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,923 dan t-tabel sebesar 2,024 yang artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel, dan perbandingan hasil rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 86,80 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 74,60, sehingga, kelas eksperimen memiliki nilai lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji keefektifan relatif mendapatkan hasil 54,83% yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan sedang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Model Two Stay-two Stray (TSTS) Berbantuan Media Explosion Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Curahpoh 1 Bondowoso. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memahami adalah tidak memperhatikan arahan atau petunjuk dari guru dan siswa ramai sendiri serta faktor dari dalam diri siswa. Adapun saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam menentukan langkah yang tepat di dalam menyelesaikan permasalah khususnya pada pembelajaran IPAS bab 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yakni kurang memperhatikan arahan atau petunjuk guru dan ramai sendiri, sehingga disarankan pada guru untuk menjelaskan atau memberikan arahan dengan cara lebih menarik serta menjelaskan detail-detail yang akan dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung agar siswa lebih memperhatikan dan tidak ramai. Selain itu, siswa perlu untuk lebih teliti dalam memperhatikan arahan atau petunjuk yang diberikan oleh guru agar tidak mengalami kebingungan pada saat melakukan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectIPAS chapter 4en_US
dc.subjectTwo stay Two Stray Learning Modelen_US
dc.subjectMedia Explosion Boxen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Explosion Box terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Curahpoh 1 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman , Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record