Evaluasi Kualitas Layanan Aplikasi Sistem Kantor Awan (Sikawan) Banyuwangi Menggunakan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus : OPD se-Kabupaten Banyuwangi)
Abstract
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mewujudkan Intruksi Presiden (INPRES) No. 3 Tahun 2003 mengembangkan e-government bernama aplikasi Sikawan pada tahun 2019 yang bertujuan untuk memfasilitasi instansi pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam pengelolaan dokumen surat menyurat dan aktivitas perkantoran secara online. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dirasakan pengguna. Terlebih, selama 4 tahun penerapannya belum pernah dilakukan evaluasi yang melibatkan pengguna terkait kualitas layanan. Data didapatkan dari penyebaran kuisioner kepada 337 ASN sebagai responden dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya dilakukan analisis e-govqual untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan aplikasi Sikawan yang diterima oleh pengguna, dan metode IPA untuk mengukur kinerja layanan berdasarkan tingkat kepentingan layanan serta untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu untuk dilakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan aplikasi Sikawan belum memenuhi kepentingan pengguna. Dari analisis gap (kesenjangan) didapatkan nilai sebesar -0,36 atau < 0 (negatif), serta hasil analisis kesesuaian sebesar 89,74% atau < 100%. Berdasarkan analisis kuadran, didapatkan 5 atribut yang berada pada kuadran 1 sehingga menjadi prioritas utama untuk diberikan rekomendasi perbaikan, antara lain keterbaruan informasi (E5), keamanan memperoleh username dan password (T1), kesuksesan layanan (R3), kecepatan layanan (R4), dan kecepatan memuat halaman (R5).