Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Materi IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 01 Tamanan Bondowoso
Abstract
kreativitas merupakan sebuah proses untuk peka terhadap permasalahan, kelemahan, ketidak harmonisan, serta mencari solusi dan membuat pertanyaan-pertanyaan melalui tes dan rites yang dimodifikasi dan hasilnya dapat dikomunikasikan. Model PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan suatu masalah sebagai dasar dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kormogolov Smirnov dan uji Levene. Uji hipotesis menggunakan uji t dibantu dengan SPSS versi 25. Diketahui hasil uji hipotesis 7,145 > 1,671, maka hasil rata-rata post test yang diperoleh kelas eksperimen 88 dan kelas kontrol 79. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kreativitas siswa kelas 4 di SDN 01 Tamanan Bondowoso.