Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember
Abstract
Pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa kali perubahan sistem
kurikulum dalam rangka penyempurnaan pendidikan, dengan cara mengubah dan
memberi inovasi pada kurikulum. Contohnya adalah perubahan dari Kurikulum
KTSP/2006 menjadi Kurikulum 2013 dan selanjutnya menjadi Kurikulum
Merdeka Belajar. Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka
Belajar membuat kepala sekolah dan guru perlu beradaptasi lagi. Untuk
menghadapi perubahan kurikulum ini agar bisa beradaptasi dengan baik, maka
peran kepala sekolah sangat penting. Maka dari itu kepala sekolah melakukan
supervisi misalnya dengan mengikuti dan mengamati proses pembelajaran di kelas
secara langsung, terutama dalam hal memilih dan penggunaan media
pembelajaran, metode ajar dan keterlibatan siswa dalam melakukan kegiatan
pembelajaran. Dalam hal ini, kepala sekolah perlu memastikan bahwa guru sudah
mulai belajar mengimplemetasikan gaya mengajar yang sesuai dengan Kurikulum
Merdeka, misalnya mulai menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi,
memanfaatkan digital dalam proses KBM dan memasukkan profil pelajar
pancasila di intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dari hasil supervisi, maka
akan ditemukan kelemahan dan kelebihan guru dalam pengimplementasian
Kurikulum Merdeka, sehingga kepala sekolah bisa mencari solusi dan mengambil
keputusan yang tepat untuk menciptakan program yang membangun.
Peneliti ingin menggali lebih mendalam mengenai pelaksanaan supervisi
yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada
Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada
Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan
data pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2022 di TK Arni
Kabupaten Jember. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan melalui
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian terkait supervisi kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru pada kurikulum merdeka di TK Arni Kabupaten
Jember yaitu, dalam proses perencanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala
sekolah yaitu menyusun jadwal supervisi serta menyusun instrumen penilaian.
Pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah menggunakan teknik kunjungan kelas
dan melakukan refleksi setelah supervisi dilakukan. Tindak lanjut supervisi oleh
kepala sekolah dilakukan dengan mengadakan sharing atau diskusi dan refleksi
kepada guru-guru yang telah disupervisi. Dalam proses perencanaan, pelaksanaan,
dan tindak lanjut hasil supervisi kepala sekolah telah terlaksana dengan cukup
baik sehingga menghasilkan peningkatan kinerja guru di TK Arni Kabupaten
Jember.
Adapun saran yang dapat diberikan yaitu, untuk kepala sekolah harus tetap
mempertahankan pelaksanaan supervisi untuk dapat meningkatkan kinerja guru.
Kepada guru hendaknya berusaha meningkatkan kinerjanya dengan tidak hanya
ada pengawasan dari kepala sekolah, melainkan keinginan dari diri sendiri.