Show simple item record

dc.contributor.authorManasykhana, Okta Arina
dc.date.accessioned2024-08-12T01:49:41Z
dc.date.available2024-08-12T01:49:41Z
dc.date.issued2023-11-08
dc.identifier.nim190210205093en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123355
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 12 Agustus 2024_Kurnadi_Lanaen_US
dc.description.abstractPemerintah Indonesia telah melakukan beberapa kali perubahan sistem kurikulum dalam rangka penyempurnaan pendidikan, dengan cara mengubah dan memberi inovasi pada kurikulum. Contohnya adalah perubahan dari Kurikulum KTSP/2006 menjadi Kurikulum 2013 dan selanjutnya menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka Belajar membuat kepala sekolah dan guru perlu beradaptasi lagi. Untuk menghadapi perubahan kurikulum ini agar bisa beradaptasi dengan baik, maka peran kepala sekolah sangat penting. Maka dari itu kepala sekolah melakukan supervisi misalnya dengan mengikuti dan mengamati proses pembelajaran di kelas secara langsung, terutama dalam hal memilih dan penggunaan media pembelajaran, metode ajar dan keterlibatan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, kepala sekolah perlu memastikan bahwa guru sudah mulai belajar mengimplemetasikan gaya mengajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, misalnya mulai menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi, memanfaatkan digital dalam proses KBM dan memasukkan profil pelajar pancasila di intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dari hasil supervisi, maka akan ditemukan kelemahan dan kelebihan guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka, sehingga kepala sekolah bisa mencari solusi dan mengambil keputusan yang tepat untuk menciptakan program yang membangun. Peneliti ingin menggali lebih mendalam mengenai pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2022 di TK Arni Kabupaten Jember. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian terkait supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada kurikulum merdeka di TK Arni Kabupaten Jember yaitu, dalam proses perencanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu menyusun jadwal supervisi serta menyusun instrumen penilaian. Pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah menggunakan teknik kunjungan kelas dan melakukan refleksi setelah supervisi dilakukan. Tindak lanjut supervisi oleh kepala sekolah dilakukan dengan mengadakan sharing atau diskusi dan refleksi kepada guru-guru yang telah disupervisi. Dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi kepala sekolah telah terlaksana dengan cukup baik sehingga menghasilkan peningkatan kinerja guru di TK Arni Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu, untuk kepala sekolah harus tetap mempertahankan pelaksanaan supervisi untuk dapat meningkatkan kinerja guru. Kepada guru hendaknya berusaha meningkatkan kinerjanya dengan tidak hanya ada pengawasan dari kepala sekolah, melainkan keinginan dari diri sendiri.en_US
dc.description.sponsorship1. Pembimbing Utama Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. 2. Pembimbing Anggota Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSupervisi Kepala Sekolahen_US
dc.subjectKinerja Guruen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.titleSupervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Kurikulum Merdeka di TK Arni Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 22 Januari 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record