Pengembangan Media Pembelajaran Teks Prosedur Berwawasan Agroindustri Berbasis Microsoft PowerPoint Terintegrasi Spring Suite untuk Kelas VII SMP/MTs
Abstract
Perkembangan iptek dalam dunia pendidikan perlu adanya penyesuaian
terutama dalam faktor pengajaran di sekolah. Salah satu faktor penyesuaian yang
berkaitan dengan pengajaran adalah penerapan media pembelajaran. Media
pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik terkini, yaitu
generasi Z. Guru perlu memanfaatkan sarana pembelajaran melalui teknologi
digital supaya peserta didik tetap dapat aktif dalam pembelajaran. Guru perlu lebih
kreatif dalam mencari dan menerapkan solusi digital untuk meningkatkan dan
menyebarkan budaya pembelajaran.
Pada umumnya, media pembelajaran digital yang diterapkan guru masih
tergolong sederhana, yaitu dengan memanfaatkan perangkat lunak Microsoft
PowerPoint yang terbatas pada penyajian visual saja. Penyajian materi berupa teks
dalam media pembelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar, contohnya
peserta didik mudah bosan menerima materi pelajaran karena penyajian materi
monoton pada teks saja. Dengan adanya fenomena di atas, maka pemanfaatan
Microsoft PowerPoint perlu dioptimalkan supaya lebih variatif dan interaktif.
Pengoptimalan Microsoft PowerPoint dapat dilakukan dengan mengintergrasikan
aplikasi dukungan, seperti iSpring Suite.
Produk media pembelajaran yang akan dikembangkan digunakan untuk
menguatkan materi teks prosedur dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII
SMP/MTs. Produk media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang terintegrasi
iSpring Suite memiliki fitur yang dapat menunjang penyajian materi teks prosedur.
Dalam kurikulum merdeka terdapat unsur Profil Pelajar Pancasila (PPP) yang perlu
disematkan dalam media pembelajaran, yaitu demensi gotong royong. Sikap
kepedulian lingkungan oleh peserta didik dapat diajarkan melalui pengetahuan
mengenai pengelolaan lingkungan, seperti sektor agroindustri. Konten agroindustri
yang akan disajikan dalam media pembelajaran dibatasi pada proses pemanfaatan
produk hasil agroindustri sebagai bahan siap saji untuk dikonsumsi.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Ada
dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data numerik dan data verbal. Data
numerik berupa skor jawaban pada angket validator dan siswa. Sementara itu, data
verbal berupa saran validator dalam lembar kuesioner. Validator ahli materi
pembelajaran Bahasa Indonesia adalah Bapak Yoga Yolanda, M.Pd.; validator
media pembelajaran adalah Bapak Siswanto, M.A.; dan validator untuk praktisi
pembelajaran bahasa Indonesia adalah Ibu Choirul Mulianingsih, S.Pd.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, media
pembelajaran berbasis iSpring Suite pada materi teks prosedur berwawasan
agroindustri kelas VII SMP/MTs terbukti sangat layak untuk diimplementasikan
dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan penilaian kelayakan media
pembelajaran oleh para validator (ahli maupun praktisi). Hasil perhitungan
persentase kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan hasil
sebesar 96% sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tersebut sangat
layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan media pembelajaran teks prosedur berwawasan agroindustri
berbasis Microsoft PowerPoint terintegrasi iSpring Suite untuk kelas VII SMP/MTs
juga mendapat respon baik dari peserta didik. Hal tersebut dibuktikan melalui
rangkaian uji coba terbatas kepada 32 siswa kelas VII SMP Negeri 10 Jember dan
menghasilkan respon siswa terhadap aspek kelayakan media pembelajaran dari
angket yang disebarkan. Hasil perhitungan persentase kelayakan media
pembelajaran dari sudut pandang siswa mendapatkan hasil sebesar 86%. Dengan
demikian, persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.
Berdasarkan penelitian pengembangan yang dilakukan, saran dapat diberikan
kepada berbagai pihak. Bagi mahasiswa diharapkan media pembelajaran ini mampu
menjadi bahan referensi untuk menambah ilmu pengetahuan. Bagi guru diharapkan
mampu menjadi inspirasi dalam menghadirkan media pembelajaran yang interaktif
dan menyenangkan. Bagi peneliti diharapkan mampu melakukan lanjutan
penelitian ini dengan uji efektivitas terhadap penggunaan media pembelajaran.