Show simple item record

dc.contributor.authorKHASANAH, Sifa Luthfiatul
dc.date.accessioned2024-08-12T01:41:53Z
dc.date.available2024-08-12T01:41:53Z
dc.date.issued2023-10-03
dc.identifier.nim190210402052en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123347
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 12 Agustus 2024_Kurnadi_Lanaen_US
dc.description.abstractPerkembangan iptek dalam dunia pendidikan perlu adanya penyesuaian terutama dalam faktor pengajaran di sekolah. Salah satu faktor penyesuaian yang berkaitan dengan pengajaran adalah penerapan media pembelajaran. Media pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik terkini, yaitu generasi Z. Guru perlu memanfaatkan sarana pembelajaran melalui teknologi digital supaya peserta didik tetap dapat aktif dalam pembelajaran. Guru perlu lebih kreatif dalam mencari dan menerapkan solusi digital untuk meningkatkan dan menyebarkan budaya pembelajaran. Pada umumnya, media pembelajaran digital yang diterapkan guru masih tergolong sederhana, yaitu dengan memanfaatkan perangkat lunak Microsoft PowerPoint yang terbatas pada penyajian visual saja. Penyajian materi berupa teks dalam media pembelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar, contohnya peserta didik mudah bosan menerima materi pelajaran karena penyajian materi monoton pada teks saja. Dengan adanya fenomena di atas, maka pemanfaatan Microsoft PowerPoint perlu dioptimalkan supaya lebih variatif dan interaktif. Pengoptimalan Microsoft PowerPoint dapat dilakukan dengan mengintergrasikan aplikasi dukungan, seperti iSpring Suite. Produk media pembelajaran yang akan dikembangkan digunakan untuk menguatkan materi teks prosedur dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs. Produk media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang terintegrasi iSpring Suite memiliki fitur yang dapat menunjang penyajian materi teks prosedur. Dalam kurikulum merdeka terdapat unsur Profil Pelajar Pancasila (PPP) yang perlu disematkan dalam media pembelajaran, yaitu demensi gotong royong. Sikap kepedulian lingkungan oleh peserta didik dapat diajarkan melalui pengetahuan mengenai pengelolaan lingkungan, seperti sektor agroindustri. Konten agroindustri yang akan disajikan dalam media pembelajaran dibatasi pada proses pemanfaatan produk hasil agroindustri sebagai bahan siap saji untuk dikonsumsi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Ada dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data numerik dan data verbal. Data numerik berupa skor jawaban pada angket validator dan siswa. Sementara itu, data verbal berupa saran validator dalam lembar kuesioner. Validator ahli materi pembelajaran Bahasa Indonesia adalah Bapak Yoga Yolanda, M.Pd.; validator media pembelajaran adalah Bapak Siswanto, M.A.; dan validator untuk praktisi pembelajaran bahasa Indonesia adalah Ibu Choirul Mulianingsih, S.Pd. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, media pembelajaran berbasis iSpring Suite pada materi teks prosedur berwawasan agroindustri kelas VII SMP/MTs terbukti sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan penilaian kelayakan media pembelajaran oleh para validator (ahli maupun praktisi). Hasil perhitungan persentase kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan hasil sebesar 96% sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tersebut sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran teks prosedur berwawasan agroindustri berbasis Microsoft PowerPoint terintegrasi iSpring Suite untuk kelas VII SMP/MTs juga mendapat respon baik dari peserta didik. Hal tersebut dibuktikan melalui rangkaian uji coba terbatas kepada 32 siswa kelas VII SMP Negeri 10 Jember dan menghasilkan respon siswa terhadap aspek kelayakan media pembelajaran dari angket yang disebarkan. Hasil perhitungan persentase kelayakan media pembelajaran dari sudut pandang siswa mendapatkan hasil sebesar 86%. Dengan demikian, persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian pengembangan yang dilakukan, saran dapat diberikan kepada berbagai pihak. Bagi mahasiswa diharapkan media pembelajaran ini mampu menjadi bahan referensi untuk menambah ilmu pengetahuan. Bagi guru diharapkan mampu menjadi inspirasi dalam menghadirkan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Bagi peneliti diharapkan mampu melakukan lanjutan penelitian ini dengan uji efektivitas terhadap penggunaan media pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorship1. Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, M.Pd.; Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectAgroindustrien_US
dc.subjectMicrosoft Power Pointen_US
dc.subjectiSpring Suiteen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Teks Prosedur Berwawasan Agroindustri Berbasis Microsoft PowerPoint Terintegrasi Spring Suite untuk Kelas VII SMP/MTsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record