• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 01 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_REPOSITORY_190210204265_HENDRAWAN SUGIARTO.pdf (2.179Mb)
    Date
    2023-12-15
    Author
    SUGIARTO, Hendrawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada kurikulum merdeka Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diintegrasikan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang lebih dikenal dengan IPAS. Pembelajaran IPAS memiliki tujuan untuk mengembangakan keterampilan, berperan aktif, rasa ingin tahu, mengerti diri sendiri dan lingkungannya serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep IPAS (Agustina, 2022). Mata pelajaran IPAS berfokus pada kompetensi hasil belajar siswa dengan memanfaatkan pengetahuan yang telah dimilikinya (Syafitrih, 2022). Hasil belajar siswa yang tinggi dalam proses pembelajaran sangat diharapkan pada setiap mata pelajaran. Salah satu indikator keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat (Juniati, 2017). Penggunaan model pembelajaran pada siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran yang inovatif merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dan berpusat pada siswa dalam proses pembelajarannya (Kurniawan, 2018). Salah satu contoh pembelajaran inovatif yang melibatkan siswa sebagai pusat di dalam pembelajarannya adalah model pembelajaran scramble. Model pembelajaran scramble merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang disajikan dalam bentuk kartu (Marbun, 2019). Rumusan masalah yang dapat diambil yaitu adakah Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 01 Bondowoso? Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Pola penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non-equivalent Control Group Design yang merupakan salah satu pola yang pengelompokan anggota sampelnya pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dilakukan secara acak. Penelitian ini membandingkan satu atau beberapa variabel eksperimen yang diberi treatment atau perlakuan (kelas eksperimen) dengan variabel yang tidak diberi treatment atau perlakuan (kelas kontrol). Langkah pertama penelitian yaitu melakukan uji homogenitas untuk mengetahui sama atau tidaknya varian populasi dengan menggunakan nilai Ulangan Harian kelas IVA, IVB, dan IVC. Hasil data yang diperoleh dari penelitian selanjutnya melakukan analisis data dengan menghitung selisih nilai pre-test dan post-test dari kedua kelas. Perhitungan uji-t dilakukan menggunakan SPSS 25 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS 25 maka diperoleh hasil t-test sebesar 3.391. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t-tabel diketahui df = (29+29) = 54 pada taraf signifikasi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 2,576. Hasil tersebut menunjukkan nilai t-test > t-tabel yaitu 3.391 > 2,576. Selain itu berdasarkan hasil observasi atau pengamatan yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh hasil yang cukup signifikan. Hasil rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 83% yang termasuk kategori sangat baik. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 65% yang termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, terdapat saran agar pembelajaran lebih baik yaitu: (1) bagi guru, apabila diperkenalkan model pembelajaran yang sesuai (misalnya model pembelajaran scramble), siswa lebih termotivasi, siswa lebih inovatif dan kreatif dalam belajar dan memecahkan masalah, dapat meningkatkan kerja sama antar siswa, (2) bagi peneliti, model pembelajaran scramble dapat diterapkan pada banyak pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar, (3) bagi peneliti lainnya, model pembelajaran scramble dapat meningkatkan banyak pengetahuan, namun harus memperhatikan banyak faktor agar model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan banyak pengetahuan lainnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123309
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository