Show simple item record

dc.contributor.authorSUGIARTO, Hendrawan
dc.date.accessioned2024-08-09T07:46:26Z
dc.date.available2024-08-09T07:46:26Z
dc.date.issued2023-12-15
dc.identifier.nim190210204265en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123309
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 9 Agustus 2024_Kurnadi_Raraen_US
dc.description.abstractPada kurikulum merdeka Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diintegrasikan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang lebih dikenal dengan IPAS. Pembelajaran IPAS memiliki tujuan untuk mengembangakan keterampilan, berperan aktif, rasa ingin tahu, mengerti diri sendiri dan lingkungannya serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep IPAS (Agustina, 2022). Mata pelajaran IPAS berfokus pada kompetensi hasil belajar siswa dengan memanfaatkan pengetahuan yang telah dimilikinya (Syafitrih, 2022). Hasil belajar siswa yang tinggi dalam proses pembelajaran sangat diharapkan pada setiap mata pelajaran. Salah satu indikator keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat (Juniati, 2017). Penggunaan model pembelajaran pada siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran yang inovatif merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dan berpusat pada siswa dalam proses pembelajarannya (Kurniawan, 2018). Salah satu contoh pembelajaran inovatif yang melibatkan siswa sebagai pusat di dalam pembelajarannya adalah model pembelajaran scramble. Model pembelajaran scramble merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang disajikan dalam bentuk kartu (Marbun, 2019). Rumusan masalah yang dapat diambil yaitu adakah Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 01 Bondowoso? Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Pola penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non-equivalent Control Group Design yang merupakan salah satu pola yang pengelompokan anggota sampelnya pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dilakukan secara acak. Penelitian ini membandingkan satu atau beberapa variabel eksperimen yang diberi treatment atau perlakuan (kelas eksperimen) dengan variabel yang tidak diberi treatment atau perlakuan (kelas kontrol). Langkah pertama penelitian yaitu melakukan uji homogenitas untuk mengetahui sama atau tidaknya varian populasi dengan menggunakan nilai Ulangan Harian kelas IVA, IVB, dan IVC. Hasil data yang diperoleh dari penelitian selanjutnya melakukan analisis data dengan menghitung selisih nilai pre-test dan post-test dari kedua kelas. Perhitungan uji-t dilakukan menggunakan SPSS 25 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS 25 maka diperoleh hasil t-test sebesar 3.391. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t-tabel diketahui df = (29+29) = 54 pada taraf signifikasi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 2,576. Hasil tersebut menunjukkan nilai t-test > t-tabel yaitu 3.391 > 2,576. Selain itu berdasarkan hasil observasi atau pengamatan yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh hasil yang cukup signifikan. Hasil rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 83% yang termasuk kategori sangat baik. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 65% yang termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, terdapat saran agar pembelajaran lebih baik yaitu: (1) bagi guru, apabila diperkenalkan model pembelajaran yang sesuai (misalnya model pembelajaran scramble), siswa lebih termotivasi, siswa lebih inovatif dan kreatif dalam belajar dan memecahkan masalah, dapat meningkatkan kerja sama antar siswa, (2) bagi peneliti, model pembelajaran scramble dapat diterapkan pada banyak pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar, (3) bagi peneliti lainnya, model pembelajaran scramble dapat meningkatkan banyak pengetahuan, namun harus memperhatikan banyak faktor agar model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan banyak pengetahuan lainnya.en_US
dc.description.sponsorship1. Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd 2. Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Scrambleen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 01 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zharoul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Januari 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record