• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan antara Kedisiplinan dalam Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Kamilatus Zahro.pdf (1.543Mb)
    Date
    2023-09-21
    Author
    ZAHRO, Kamilatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu muatan pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa karena memiliki peranan penting dalam aspek kehidupan. Matematika merupakan mata pelajaran yang susah bagi siswa karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga banyak siswa yang kurang berminat untuk mempelajari matematika. Kurangnya minat siswa untuk mempelajari matematika menyebabkan banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar matematika yang rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah KKM. Berdasarkan hasil wawancara, rendahnya hasil belajar matematika disebabkan karena siswa masih kurang dalam kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi, rendahnya hasil belajar juga dipengaruhi oleh siswa yang kurang disiplin dalam pembelajaran. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa, maka dilakukan penelitian ini. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “adakah hubungan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional yang dilaksanakan di SDN Dabasah 4 Bondowoso pada semester genap tahun 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas IV sebanyak 50 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kedisiplinan dalam belajar menggunakan angket, sedangkan instrumen penelitian untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil uji validasi instrumen angket memperoleh skor 93,3 dan hasil uji validasi instrumen tes memperoleh skor 93 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji reliabilitas angket memperoleh skor 0,91 dan hasil uji reliabilitas tes memperoleh skor 0,904 yang termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Hasil uji korelasi berganda antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien regresi yang diperoleh yaitu sebesar 0,66 yang berarti kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis berkontribusi sebesar 66% terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso. Saran pada penelitian ini bagi guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja kepada siswa, tetapi juga berkewajiban untuk mendidik siswa, yaitu dengan cara menanamkan sikap disiplin dalam belajar di kelas dan sering melatih siswa menggunakan soal-soal yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa. Bagi siswa, diharapkan dapat membiasakan disiplin baik disekolah maupun dirumah dengan cara mengikuti aturan dan tata tertib yang telah berlaku, serta sering berlatih mengerjakan soal guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian tentang hubungan antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123298
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15484]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository