Show simple item record

dc.contributor.authorZAHRO, Kamilatus
dc.date.accessioned2024-08-09T07:29:47Z
dc.date.available2024-08-09T07:29:47Z
dc.date.issued2023-09-21
dc.identifier.nim190210204073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123298
dc.descriptionFinalisasi oleh taufik_Lina Tgl 09 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu muatan pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa karena memiliki peranan penting dalam aspek kehidupan. Matematika merupakan mata pelajaran yang susah bagi siswa karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga banyak siswa yang kurang berminat untuk mempelajari matematika. Kurangnya minat siswa untuk mempelajari matematika menyebabkan banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar matematika yang rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah KKM. Berdasarkan hasil wawancara, rendahnya hasil belajar matematika disebabkan karena siswa masih kurang dalam kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi, rendahnya hasil belajar juga dipengaruhi oleh siswa yang kurang disiplin dalam pembelajaran. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa, maka dilakukan penelitian ini. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “adakah hubungan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional yang dilaksanakan di SDN Dabasah 4 Bondowoso pada semester genap tahun 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas IV sebanyak 50 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kedisiplinan dalam belajar menggunakan angket, sedangkan instrumen penelitian untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil uji validasi instrumen angket memperoleh skor 93,3 dan hasil uji validasi instrumen tes memperoleh skor 93 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji reliabilitas angket memperoleh skor 0,91 dan hasil uji reliabilitas tes memperoleh skor 0,904 yang termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Hasil uji korelasi berganda antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien regresi yang diperoleh yaitu sebesar 0,66 yang berarti kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis berkontribusi sebesar 66% terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowoso. Saran pada penelitian ini bagi guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja kepada siswa, tetapi juga berkewajiban untuk mendidik siswa, yaitu dengan cara menanamkan sikap disiplin dalam belajar di kelas dan sering melatih siswa menggunakan soal-soal yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa. Bagi siswa, diharapkan dapat membiasakan disiplin baik disekolah maupun dirumah dengan cara mengikuti aturan dan tata tertib yang telah berlaku, serta sering berlatih mengerjakan soal guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian tentang hubungan antara kedisiplinan dalam belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd Pembimbing Anggota Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINANen_US
dc.subjectBELAJARen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR MATEMATIKAen_US
dc.titleHubungan antara Kedisiplinan dalam Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 4 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd, M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record