Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Produk Skincare Azarine
Abstract
Di era modern saat ini berpenampilan cantik dan menarik merupakan salah
satu hal yang didambakan dan diharapkan oleh setiap wanita khususnya di
kalangan remaja. Tren perawatan wajah atau skincare meningkat semenjak
terjadinya masa pandemi, dimana banyak orang memiliki lebih banyak waktu
untuk melakukan perawatan dirumah sehingga hal tersebut membuat industri
kosmetik di Indonesia berkembang semakin pesat.
Pertumbuhan pengguna skincare meningkat di setiap tahunnya, meskipun
sempat mengalami penurunan di tahun 2020 akan tetapi pada tahun 2021 hingga
2023 pengguna skincare terus meningkat. Produk skincare sendiri saat ini terus
bermunculan di kalangan masyarakat ditunjang dengan banyaknya brand-brand
lokal yang berfokus pada produksi dan penyediaan produk skincare, salah satunya
adalah produk skincare Azarine. Semakin banyak brand-brand skincare yang
terus bermunculan dengan menawarkan produk yang serupa tentu akan
menyebabkan ketatnya persaingan antara brand-brand skincare di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan pada pelanggan produk skincare Azarine. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan
kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Hasil
dari penelitian ini menujukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengarug signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas
produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, harga berpengaruh signfikan
terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.