• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Model Inquiry Based Learning dan Model Cooperative Learning (StudiKasus Pada Peserta Didik Kelas XI IPs Sma Negeri Ambulu Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Skripsi Fais Arina Zulfa.pdf (1.765Mb)
    Date
    2023-07-24
    Author
    ZULFA, Fais Arina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk menjadikan setiap peserta didik menjadi manusia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi yang beriman, produktif, kreatif, kritis, inovatif dan mampu bermanfaat bagi kehidupan berbangsa. Perlunya pembelajaran yang beragam dan disesuaikan dengan keadaan saat ini menjadi suatu tantangan bagi para pendidik. Pembelajaran tidak terlepas dari model pembelajaran yang hal tersebut menjadi suatu acuan bagi pendidik dalam menuntaskan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning dan model inquiry based learning pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri Ambulu Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry based learning dan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan model cooperative learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang didapat yaitu sebesar 0,000<0,05. Hal ini diperkuat dengan hasil n-gain kelas eksperimen sebesar 73% sedangkan kelas kontrol hanya 60%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123115
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository