Show simple item record

dc.contributor.authorZULFA, Fais Arina
dc.date.accessioned2024-08-08T03:26:04Z
dc.date.available2024-08-08T03:26:04Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.nim190210301013en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123115
dc.description.abstractKurikulum 2013 memiliki tujuan untuk menjadikan setiap peserta didik menjadi manusia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi yang beriman, produktif, kreatif, kritis, inovatif dan mampu bermanfaat bagi kehidupan berbangsa. Perlunya pembelajaran yang beragam dan disesuaikan dengan keadaan saat ini menjadi suatu tantangan bagi para pendidik. Pembelajaran tidak terlepas dari model pembelajaran yang hal tersebut menjadi suatu acuan bagi pendidik dalam menuntaskan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning dan model inquiry based learning pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri Ambulu Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry based learning dan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan model cooperative learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang didapat yaitu sebesar 0,000<0,05. Hal ini diperkuat dengan hasil n-gain kelas eksperimen sebesar 73% sedangkan kelas kontrol hanya 60%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInquiry Based Learningen_US
dc.subjectCooperative Learningen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectPelajaran Ekonomien_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Model Inquiry Based Learning dan Model Cooperative Learning (StudiKasus Pada Peserta Didik Kelas XI IPs Sma Negeri Ambulu Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record