Analisis Strategi Persaingan Bisnis dan Keunggukan Bersaing Produk Kopi Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan internal Agroindustri yang
bersaing tepat untuk menganalisis strategi persaingan bisnis dan keunggulan
bersaing dari produk kopi. Metode penelitian mengunakan metode kualitatif yang
digunakan melibatkan survei, wawancara, dan analisis data sekunder. Sampel
penelitian terdiri dari pelaku usaha kopi Kalibaru, konsumen, dan pihak terkait
lainnya. Analisis Strategi Persaingan bisnis dilakukan dengan mengevaluasistrategi
pemasaran, distribusi, dan inovasi produk yang diterapkan oleh pelaku usaha.
Selain itu, penelitian juga meneliti faktor internal dan eksternal yang memengaruhi
keberhasilan strategi bisnis mereka.
Keunggulan produk kopi Kalibaru dianalisis dari aspek kualitas,
keberlanjutan.Penelitian ini juga mengeksplorasi persepsi konsumen terhadap kopi
Kalibaru,Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam
memahami dinamika persaingan bisnis produk kopi Kalibaru di Kabupaten
Banyuwangi. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu pelaku usaha
untuk meningkatkan strategi pemasaran dan mengoptimalkan keunggulan bersaing
produk mereka guna meningkatkan daya saing di pasar lokal maupun
regional.Penelitian ini merekomendasikan Agroindustri Kopi Kalibaru agar kopi
Kalibaru di Banyuwangi perlu meningkatkan strategi persaingan bisnisnya dengan
(1) meningkatkan inovasi produk,(2)memperluas jangkauan pasar,(3)
memperkuatbrand image, dan (4) meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi persaingan bisnis yang diterapkan
oleh pengusaha kopi Kalibaru di Banyuwangi meliputi: (1) diferensiasi produk, (2)
fokuspada pasar kopi (3) membangun brand image, (4) menjalin kerjasama dengan
berbagai pihak, dan (5) meningkatkan kualitas produk.