Analisis Pengembangan Produk Inovasi Kopi di cv. D’Eka Karunia Coffee Legend Berbasis BMC (Business Model Canvas)
Abstract
Kopi merupakan komoditas perkebunan potensial dengan kecenderungan peningkatan pada produksi dan konsumsi. Peluang tersebut mendorong pengembangan industri pengolahan kopi, terutama di Jawa Timur sebagai sentra produksi kopi di Pulau Jawa. CV. D’Eka Karunia Coffee Legend di Jember menghasilkan produk inovasi yaitu Kapulogo Coffee dan Ricebran Coffee yang unik dan kaya manfaat. Pengembangannya perlu terkendala persaingan pasar, product knowledge rendah, dan sumberdaya terbatas dengan produksi sistem pre-order yang lebih rendah dari produk lain sehingga diperlukan pengelolaan optimal agar diperoleh efisiensi dalam pengembangan usaha dan produk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui efisiensi biaya dari R/C ratio, bisnis model kanvas (BMC), dan strategi pengembangan melalui SWOT pada produk inovasi kopi tersebut. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan analitik dengan perolehan data dari 3 responden internal dan 4 eksternal dari mitra pemasok kopi, pemasok campuran, pemasaran, dan lembaga pembina. Penelitian menunjukkan hasil bahwa 1) Kedua produk telah efisien dengan Kapulogo Coffee lebih menguntungkan dari Ricebran Coffee, 2) Value proposition dan customer segment penting dalam memaksimalkan pengembangan produk dengan revenue stream 61% dari Kapulogo Coffee dan cost structure terbesar dari tenaga kerja dan kemasan, 3) CV. D’Eka Karunia Coffee Legend berada pada kuadran I yang cenderung pada penerapan strategi S-O.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]