• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemasaran Biji Kakao dengan Pendekatan Structure Conduct and Performance (SCP) di Desa Jambewangi Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Dava Nur Oktavia_191510601074.pdf (1.687Mb)
    Date
    2023-07-12
    Author
    OKTAVIA, Dava Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menjadi andalan masyarakat desa di Desa Jambewangi Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Produksi biji kakao di Desa Jambewangi tertinggi diantara daerah lain di Kabupaten Banyuwangi. Petani biji kakao tidak melakukan proses fermentasi sehingga harga yang diterima oleh petani cenderung rendah. Petani juga menjual dalam volume pemasaran yang kecil sehingga petani tidak memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Sistem pemasaran kakao di Desa Jambewangi dilakukan secara individu oleh petani, sehingga terdapat variasi saluran pemasaran. Perbedaan saluran pemasaran menyebabkan perbedaan yaitu perbedaan harga jual, biaya pemasaran dan margin pemasaran. margin pemasaran yang semakin panjang menyebabkan kurangnya efisiensi pemasaran tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui structure conduct and performance (SCP) pada pemasaran biji kakao di Desa Jambewangi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analitik yaitu metode structure conduct and performance (SCP) dan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Terdapat 2 pola saluran pemasaran biji kakao dengan lembaga yang terkait yaitu pedagang pengumpul, pedagang besar dalam kota dan pedagang besar luar kota; 2) Pemasaran biji kakao di Desa Jambewangi mengarah pada pasar monopsoni dengan hambatan masuk pasar tergolong sulit; 3) Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran meliputi fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas; 4) berdasarkan hasil analisis margin pemasaran pada saluran I margin pemasaran biji kakao sebesar Rp. 15.000 dan saluran II sebesar Rp. 11.000 serta analisis efisiensi pemasaran saluran I sebesar 8,60% dan saluran II sebesar 3,83%
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122466
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4426]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository