Peran Guru dalam Stimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Simtom Gangguan Konsentrasi di Kelompok A2 TK Darus Sholah Jember
Abstract
Seorang anak dengan simtom gangguan konsentrasi berpotensi untuk mengalami kecerdasan interpersonal yang kurang, yang menyebabkan adanya kesulitan untuk berinteraksi dengan teman sebaya maupun orang dewasa. Pada penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis peran guru dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak dengan simtom gangguan konsentrasi di kelompok A2 TK Darus Sholah Jember. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian studi kasus dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru berpengaruh secara signfikan pada peningkatan kecerdasan interpersonal anak, dimana guru berperan sebagai motivator, pembimbing, pengajar, evaluator dan juga sebagai seorang fasiliator untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan belajar yang dilakukan secara berkelompok.