Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Coffee Shop Kopixel di Kota Jember
Abstract
Tren gaya hidup mengkonsumsi kopi di era modern saat ini menjadi pembuka peluang baru bagi para pelaku usaha untuk mendirikan coffe shop. Kota Jember menjadi wilayah dengan pertumbuhan coffe shop yang cukup pesat. Kopixel menjadi salah satu coffe shop dengan peminat yang tinggi ditengah banyaknya coffe shop bermunculan di Kota Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen kopixel dan faktor yang mempengaruhi konsumen memilih kopixel. Metode penelitian menggunakan analitik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat beberapa karakteristik konsumen kopixel yang terdiri dari konsumen laki-laki 48,96% dan konsumen perempuan 51,04%, konsumen berusia 15-29 tahun 89,58% dengan pendapatan >Rp4.000.000 sebanyak 21,88%, konsumen responden dengan intensitas minum kopi 2-3 kali per minggu sebanyak 44,79%, konsumen dengan intensitas berkunjung ke kopixel jarang sekali sebanyak 33,33% dengan 69,79% menyukai jenis kopi robusta, varian minuman yang banyak disukai adalah kopixellatte sebanyak 24,21% responden, sebanyak 37,50% responden berkunjung dengan alasan berkumpul bersama teman dengan daya beli Rp25.000-Rp40.000 sebanyak 32,29% responden, (2) terbentuk 6 faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih kopixel yaitu faktor produk, tempat, promosi, orang, proses, dan tampilan fisik coffe shop.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]