• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Agroindustri Olahan Salak Kramat di Kabupaten Bangkalan

    Thumbnail
    View/Open
    Naskah Skripsi_Vainan Faroh_191510601018.pdf (2.877Mb)
    Date
    2023-07-17
    Author
    FAROH, Vainan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu daerah penghasil buah salak di Provinsi Jawa Timur. Hasil produksi buah salak di Kabupaten Bangkalan tersebar di beberapa daerah salah satunya adalah di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan. Desa Kramat tersebut memiliki agroindustri pengolahan buah salak, yaitu agroindustri UD. Budi Jaya. Agroindustri UD. Budi Jaya sudah berdiri sejak tahun 2006 dan sudah berjalan dengan cukup baik, namun pemasaran yang dilakukan masih belum optimal. Penjualan dari agroindustri UD. Budi Jaya tidak stabil dan mengalami fluktuasi. Pemasaran yang dilakukan oleh UD. Budi Jaya masih dalam lingkup sekitar karena produk olahan salak masih belum bisa bersaing dan menembus jangkauan pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian terkait analisis pemasaran serta strategi pengembangan pada agroindustri olahan salak UD. Budi Jaya. Penelitian ini secara keseluruhan bertujuan (1) mengetahui saluran pemasaran pada produk olahan salak di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, (2) mengetahui margin pemasaran dan efisiensi pemasaran produk olahan salak di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, dan (3) mengetahui strategi untuk mengembangkan agroinsutri olahan salak di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive method yang berada di agroindustri olahan salak UD. Budi Jaya di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pihak agroindustri UD. Budi Jaya dan toko oleh-oleh yang ada di Kecamatan Bangkalan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis margin pemasaran, efisiensi pemasaran, serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan (1) saluran pemasaran produk olahan salak UD. Budi Jaya terdiri dari 2 saluran pemasaran. Saluran pemasaran 1 (tingkat nol) dari produsen ke konsumen serta saluran pemasaran 2 (tingkat 1) meliputi produsen, pengecer, dan konsumen. (2) margin pemasaran saluran pemasaran 1 (tingkat nol) pada setiap produk olahan salak adalah nol atau tidak memiliki margin pemasaran, sedangkan pada saluran pemasaran 2 (tingkat 1) pada setiap produk olahan salak yaitu dodol salak sebesar Rp3.500, kurma salak sebesar Rp5.500, kopi biji salak sebesar Rp6.000, manisan salak sebesar Rp5.500, dan coklat salak sebesar Rp4.500. Nilai efisiensi pada saluran pemasaran tingkat nol produk dodol salak sebesar 30%, kurma salak sebesar 25,94%, kopi biji salak sebesar 20,67%, manisan salak sebesar 19,69%, dan coklat salak sebesar 19,69%, sedangkan pada saluran tingkat satu nilai efisiensi pada produk dodol salak sebesar 32,03%, kurma salak 12,79%, kopi biji salak sebesar 17,54%, manisan salak sebesar 20,47%, dan coklat salak sebesar 19,02%. Tingkat efisiensi pemasaran produk olahan salak UD. Budi Jaya secara keseluruhan telah efisien. (3) Strategi pengembangan agroindustri UD. Budi Jaya berada pada matriks kompetitif relatif di posisi White Area, matriks internal eksternal di posisi sel I, dan diagram SWOT di posisi kuadran I yang menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk agroindustri adalah strategi agresif. Hal tersebut berarti bahwa strategi utama yang didapatkan dari matriks SWOT adalah strategi SO (Strengths Opportunities) yang meliputi peningkatan produksi olahan salak dengan mempertahankan kualitas dan mutu produk; peningkatan pelayanan dan menjalin hubungan yang kuat dengan pihak eksternal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122350
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4412]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository