• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Learning Cylce 7E Berbantuan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa SMA Kelas X pada Materi Usaha dan Energi

    Thumbnail
    View/Open
    Iska Fullasa_180210102090 Skripsi.pdf (2.082Mb)
    Date
    2023-04-17
    Author
    FULLASA, Iska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil dari pembelajaran dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif lebih berorientasikan kepada kemampuan ilmu pengetahuan. Aspek afektif berkaitan dengan etika, moralitas, dan kepribadian. Aspek psikomotor berkaitan dengan keahlian yang bertabiat procedural dan cenderung mekanis. Selain ketiga ranah tersebut, hasil dari pembelajaran dapat mencakup aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Guru sebagai fasilitator dapat menjadi perantara siswa untuk membangun pengetahuannya melalui diskusi kelompok dan pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hasil observasi keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa rata-rata skor keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebesar 11,49 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 9,46. Keaktifan siswa dapat dilihat pada 7 jenis indikator yang digunakan. Terdapat indikator memperhatikan, mengamati, bertanya, menjawab, mencatat, mengerjakan tugas, dan diskusi kelompok. Selanjutnya untuk kemampuan hasil belajar siswa yang diambil dari aspek kognitif siswa, berupa tes tulis dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-ratanya sebesar 80,40, dan kelas kontrol sebesar 73,85. Dengan demikian, nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Setelah diuji statistic menggunakan one way anova untuk keaktifan siswa dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model learning cycle 7e berbantuan media powtoon terhadap keaktifan siswa. Dilanjutkan dengan uji independent sampel t-test pada hasil belajar siswa dapat dinyatakan bahwa model learning cycle 7e berbantuan media powtoon dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Kelas X pada materi usaha dan energy.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122322
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository