• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Parenting Self Efficacy pada Orang Tua Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi pada Sekolah Islam Cahaya Nurani Sumbersari Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    CINDY ERISTANTI_190210201022.pdf (2.492Mb)
    Date
    2023-06-20
    Author
    ERISTANTI, Cindy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menjadi orang tua bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu orang tua perlu memahami tentang pola perawatan anak sebagai bekal ketika anak hadir dalam keluarga. Model pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak-anak dengan kebutuhan khusus Berbeda dengan anak-anak normal dengan orang tua normal. Dalam mendidik dan Menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan kesabaran dan pengetahuan khusus untuk Mampu membimbing anak dengan baik. Banyak kasus tingkat stres yang tinggi, depresi yang berasal dari orang tua anak-anak dengan kebutuhan khusus. Orangtua ingin menekankan semua keinginan mereka di luar kemampuan anak-anak mereka. Berdasarkan definisi tersebut, formula Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Parenting Self-Efficacy pada Orangtua dari usia dini. kebutuhan khusus anak. Berdasarkan formulasi masalah, tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Parenting Self Efficacy pada orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus di sekolah Islam cahaya nurani sumbersari kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data adalah yang diperoleh dari beberapa informant, yaitu orang tua sebagai informan utama dan kepala sekolah sebagai pendukung informasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik: wawancara dan dokumentasi. Untuk akurasi data teknik pengujian, perpanjangan pengamatan, peningkatan konsistensi, dan Triangulasi yang digunakan. Selain teknik analisis data melalui data reduksi, presentasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki tingkat self efficacy yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perawatan orang tua untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dilihat dari tiga Dimensi: level, generalitas dan streght. Saran yang dapat diberikan adalah untuk kepala sekolah untuk lebih memperhatikan kebutuhan orang tua dengan anak psikolog di sekolah dengan membuat jadwal rutin tanpa orang tua harus Tanyakan dulu waktu. Orang tua disarankan untuk lebih mengenal dan memahami potensi, kelebihan, bakat, dan minat anak-anak sehingga orang tua dapat lebih Mudah untuk meningkatkan perkembangan anak. Kata Kunci: Parenting, Anak usia dini, Berkebutuhan khusus
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository