dc.contributor.author | ERISTANTI, Cindy | |
dc.date.accessioned | 2024-07-16T01:13:12Z | |
dc.date.available | 2024-07-16T01:13:12Z | |
dc.date.issued | 2023-06-20 | |
dc.identifier.nim | 190210201022 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307 | |
dc.description.abstract | Menjadi orang tua bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu orang tua perlu memahami tentang
pola perawatan anak sebagai bekal ketika anak hadir dalam keluarga.
Model pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak-anak dengan kebutuhan khusus
Berbeda dengan anak-anak normal dengan orang tua normal. Dalam mendidik dan
Menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan kesabaran dan pengetahuan khusus untuk
Mampu membimbing anak dengan baik. Banyak kasus tingkat stres yang tinggi, depresi
yang berasal dari orang tua anak-anak dengan kebutuhan khusus. Orangtua ingin menekankan
semua keinginan mereka di luar kemampuan anak-anak mereka. Berdasarkan definisi tersebut, formula
Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Parenting Self-Efficacy pada Orangtua dari usia dini.
kebutuhan khusus anak. Berdasarkan formulasi masalah, tujuan dari
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Parenting Self Efficacy pada orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus di sekolah Islam cahaya nurani sumbersari kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data adalah
yang diperoleh dari beberapa informant, yaitu orang tua sebagai informan utama dan kepala
sekolah sebagai pendukung informasi. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui dua teknik: wawancara dan dokumentasi. Untuk akurasi data
teknik pengujian, perpanjangan pengamatan, peningkatan konsistensi, dan
Triangulasi yang digunakan. Selain teknik analisis data melalui data
reduksi, presentasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian
Ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki tingkat self efficacy yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari
perawatan orang tua untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dilihat dari tiga
Dimensi: level, generalitas dan streght. Saran yang dapat diberikan adalah untuk
kepala sekolah untuk lebih memperhatikan kebutuhan orang tua dengan anak
psikolog di sekolah dengan membuat jadwal rutin tanpa orang tua harus
Tanyakan dulu waktu. Orang tua disarankan untuk lebih mengenal dan memahami
potensi, kelebihan, bakat, dan minat anak-anak sehingga orang tua dapat lebih
Mudah untuk meningkatkan perkembangan anak.
Kata Kunci: Parenting, Anak usia dini, Berkebutuhan khusus | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas keguruan dan ilmu pedidikan | en_US |
dc.subject | Parenting | en_US |
dc.subject | Self Efficacy | en_US |
dc.subject | Orang Tua | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.subject | Berkebutuhan Khusus | en_US |
dc.title | Parenting Self Efficacy pada Orang Tua Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi pada Sekolah Islam Cahaya Nurani Sumbersari Kabupaten Jember) | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Luar Sekolah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Frimha Purnamawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |