Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Balungkidul 01 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Balungkidul 01 Jember.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. dengan pola penelitian pre-test post-test control group design.Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara acak atau random.Waktu penelitian direncanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Tempat penelitian ini di SDN Balungkidul 01 Jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IVA dan IVB SDN Balungkidul 01 Jember tahun pelajaran 2022/ 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 9,246, sedangkan ttabel diperoleh sebesar = 0,2012, pada taraf signifikansi 5% dengan df 46, sehingga hipotesis alternatif diterima yakni ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaan kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Balungkidul 01 Jember.