• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Sosial Budaya (Mosida) Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Siswa Kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SITI NAIK TANTRI NUR JANAH_REPOSITORY UNEJ.pdf (1008.Kb)
    Date
    2023-07-04
    Author
    JANNAH, Siti Naik Tantri Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan Media Monopoli Sosial Budaya “Mosida” Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Siswa kelas V di SDN Tegal Besar 02 Jember. Siti Naik Tantri Nur Janah; 2023; 40 halaman; Program Studi pendidikan Guru Sekolah dasar ; Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Pelestarian budaya berbasis kearifan lokal dapat diwariskan dari generasi ke genarasi selanjutnya melalui pembelajaran. Pembelajaran berbasis Kearifan lokal yang dimuat dalam materi dimaksudkan agar pembelajaran berkaitan dengan lingkungan sekitar siswa sehingga memperoleh pengalaman yang bermakna. Pengintegrasian kearifan lokal ke dalam pembelajaran bertujuan guna meningkatkan kecintaan terhadap kearifan lokal dan mempertahankannya di era perkembangan zaman. Hasil wawancara salah satu guru kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember, kendala melaksanakan pembelajaran pada muatan PPKn Kompetensi Dasar (KD) 3.3 “Menelaah Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat” pada Tema 3 “Makanan Sehat”, Sub Tema 1 ”Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan” Pembelajaran 4. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran di kelas. Guru mengajar menggunakan media benda di sekitar siswa, dan masih berpacu pada buku tematik dan LKS. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dan pengembangan media pembelajaran belum pernah dilakukan. Media pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi salah satu permasalahan sehingga membuat siswa kurang berminat dalam belajar, dan hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hasil observasi pada siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember, kendala melaksanakan pembelajaran pada muatan PPKn Kompetensi Dasar (KD) 3.3 “Menelaah Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat” pada Tema 3 “Makanan Sehat”, Sub Tema 1 ”Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan” Pembelajaran 4. Siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan, karena terdapat siswa yang berbicara sendiri dengan teman sekitarnya. Pembelajaran kurang melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Berdasarkan permasalah tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Monopoli Sosial Budaya (Mosida) berbasis kearifan lokal Jember pada siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember; (2) untuk mengetahui hasil pengembangan pada media pembelajaran Monopoli Sosial Budaya (Mosida) berbasis kearifan lokal Jember dilihat dari validitas, efektivitas, dan kepraktisan media pada siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan menggunakan model R&D (Research and Development) Borg & Gall. Langkahlangkah penelitian Borg & Gall hanya dilakukan sampai pada tahap ke-8 dari 10 tahapan, karena pada tahap ke-8 sudah diketahui keefektifan produk. Hasil pengembangan produk media Mosida berbasis kearifan lokal Jember melalui uji validitas oleh para validator mendapatkan skor 89,8% dengan kategori sangat layak. Analisis hasil belajar siswa kelas eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest 16,81%, sedangkan pada kelas kontrol ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest 8,77%. Berdasarkan rata- rata tersebut hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 62,8% dengan kategori keefektifan tinggi. Kepraktisan melalui observasi yang dilakukan observer selama kegiatan pembelajaran menggunakan media Mosida menunjukkan skor 96,25% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon siswa terhadap kemudahan penggunaan media Mosida pada uji coba penggunaan mendapatkan skor 96,3,% termasuk kategori sangat praktis. Media Mosida berbasis kearifan lokal Jember layak digunakan ketika pembelajaran di kelas pada siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember. Pengembangan media Mosida diharapkan dapat digunakan guru sebagai wawasan atau referensi. Media Mosida berbasis kearifan lokal Jember layak dapat diterapkan dalam pembelajaran dan sebagai inovasi oleh guru dalam menyusun serta mengembangkan produk baru agar lebih bervariasi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122065
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository