• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Kualitas Layanan E-Commerce Mitramart Menggunakan Metode E-Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA)

    Thumbnail
    View/Open
    172410101141.pdf (2.626Mb)
    Date
    2024-01-15
    Author
    SAPUTRO, Mochammad Dwi Cahyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mitramart, UMKM e-commerce berbasis website di Kabupaten Jember, didirikan pada tahun 2015 untuk membantu petani lokal dalam menjual hasil panen dengan harga bersaing. Masih terdapat keluhan pelanggan baik dari segi pelayanan yang diberikan, maupun dari segi website yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode E-Servqual dan IPA untuk mengevaluasi kualitas layanan Mitramart dan menentukan atribut yang perlu mendapat prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Mitramart dinilai baik oleh pengguna, namun masih belum memenuhi harapan. Kinerja Mitramart mendapat kategori 3 (baik) dengan nilai 3,34, sedangkan harapan mendapat nilai 3,41. Hal tersebut menunjukkan kesenjangan sebesar -0,07, kesenjangan yang negatif (-) menunjukkan bahwa kinerja perusahaan masih belum memenuhi harapan pelanggan. Hasil analisis kesesuaian antara kinerja dan harapan memiliki kesesuaian < 100% yaitu sebesar 97,82%,.hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja perusahaan masih belum sesuai dengan harapan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis IPA, menujukkan 6 atribut yang perlu mendapat rekomendasi prioritas perbaikan pada Kuadran 1. Atribut tersebut yaitu kemudahan pelanggan mencari barang yang diinginkan pada situs (AEF1), informasi dalam situs sudah teratur (AEF4), perusahaan selalu memberikan barang sesuai dengan estimasi yang dijanjikan (AFU1), stok baran yang dijual selalu tersedia (AFU2), stok barang yang dijual sesuai dengan yang tercantum pada situs (AFU5), Perusahaan selalu memberikan kompensasi apabila pesanan pelanggan tidak tiba tepat waktu (ACM2).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121676
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1056]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository