• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI REPOSITORY ROHMAN.pdf (1.032Mb)
    Date
    2024-01-09
    Author
    ROHMAN, M. Holilur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik saat ini masih tergolong rendah dikarenakan selalu menggunakan model konvensional pada saat pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning. Model pembelajaran Collaborative Creativity Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, hal tersebut dikarenakan model ini menuntut seluruh peserta didik untuk ikut aktif dalam berdiskusi menyelesaikan masalah bersama kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran collaborative creativity learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar geografi SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Metode pemgumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor angket keterampilan kolaborasi peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 74,44% dan kelas eksperimen sebesar 80,83%. Rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 49,17 dan kelas eksperimen sebesar 63,61. Hasil uji T-test keterampilan kolaborasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, dan hasil T-test hasil belajar menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121467
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository