Show simple item record

dc.contributor.authorROHMAN, M. Holilur
dc.date.accessioned2024-06-13T07:18:46Z
dc.date.available2024-06-13T07:18:46Z
dc.date.issued2024-01-09
dc.identifier.nim200210303007en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121467
dc.description.abstractKeterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik saat ini masih tergolong rendah dikarenakan selalu menggunakan model konvensional pada saat pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning. Model pembelajaran Collaborative Creativity Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, hal tersebut dikarenakan model ini menuntut seluruh peserta didik untuk ikut aktif dalam berdiskusi menyelesaikan masalah bersama kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran collaborative creativity learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar geografi SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Metode pemgumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor angket keterampilan kolaborasi peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 74,44% dan kelas eksperimen sebesar 80,83%. Rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 49,17 dan kelas eksperimen sebesar 63,61. Hasil uji T-test keterampilan kolaborasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, dan hasil T-test hasil belajar menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si. Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCollaborative Creativity Learning Modelen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaborasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectGeografien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_April_2024_26en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record