Implementasi Manajemen Kelas Kelompok B2 dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di Play Group ( PG ) dan TK Plush Al-Hujjah Sumbersari Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Manajemen kelas merupakan satu keterampilan bagi seorang guru
PAUD di dalam mengelola kelas. Keterampilan itu merupakan suatu
pekerjaan yang membutuhkan kerja keras, membutuhkan kesungguhan,
karena disaat anak usia dini belajar atau melakukan kegiatan belajar baik di
dalam maupun luar kelas mereka tidak bisa berdiam diri dalam waktu yang
relatif lama. Manajemen kelas merupakan suatu hal yang sangat penting
untuk bisa dikembangkan oleh seorang guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, ”Bagaimana
Implementasi manajemen kelas kelompok B2 dalam mengembangkan aspek
kognitif anak usia dini di PG ( Play Group )& TK PLUS AL-HUJJAH
Sumbersari Tahun Pelajaran 2020/2021?” Adapun tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen
Kelas Kelompok B2 dalamMengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini
di PG (Play Group)& TKPLUS AL-HUJJAH Sumbersari Tahun Pelajaran
2020/2021.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di TK Plus Al-Hujjah
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu guru kelas dan informan
pendukung adalah kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan
adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.Observasi dilakukan dengan mengamati implementasi
manajemen kelas pada kelas B2 dan mengaitkannya dengan aspek
perkembangan kognitif anak usia dini di kelas B2. Pengamatan atau
observasi dilakukan selama Kuliah Kerja dan Pengenalan Lapangan
Persekolahan ( KKPLP ). Observasi atau pengamatan yang peneliti
lakukan menghasilkan sebuah fakta dalam penerapan manajemen
kelas di Play Group ( PG ) & TKPlus Al-Hujjah seperti penataan
ruang kelas, proses belajar mengajar, serta alat atau media
pembelajaran yang kurang menarik. Berdasarkan latar belakang
diatas, maka dilakukan penelitiandengan judul “Implementasi
Manajemen Kelas Kelompok B2 Dalam Mengembangkan Aspek
Kognitif Anak UsiaDini Di PG ( Play Group) & TK Plus Al-Hujjah
Tahun Ajaran 2020/2021”.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
manajemen kelas yang terdapat di TK Plus Al-Hujjah sangat
menunjang proses belajar mengajar yang efektif dan banyak mediamedia yang dikembangkan dengan tujuan untuk mengembangkan
enam aspek perkembangan anak sehingga anak dapat berkembang
sesuai yang diinginkan guru. Manajemen kelas di TK Plus Al-Hujjah
meliputi penataan ruang kelas, proses belajar mengajar, dan alat/media
pembelajaran. Untuk penataan ruang kelas meliputi penyediaan sarana
atau alat dan bahan untuk kegiatan pembelajaran hari itu, kemudian
proses belajar mengajar dengan cara interaksi antara guru dan peserta
didik, kemudian menyiapkan peralatan pembelajaran, dan
melaksanakan sesuai dengan RPPH terkait dengan indikator-indikator
untuk semua aspek pembelajaran. Jadi fungsi dari manajemen kelas itu
merupakan upaya untuk mendukung pembelajaran dalam rangka
menstimulasi perkembangan anak.