• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Shopping Lifestyle dan Flash Sale melalui Positive Emotion terhadap Impulse Buying pada ECommerce Shopee

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi watermark.pdf (1.645Mb)
    Date
    2024-03-20
    Author
    FAJARIANI, Christina Rizqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan internet yang pesat di Indonesia mencerminkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terbukti dari data survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2023 mencatat penetrasi internet mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Hal ini telah mengubah cara individu berbelanja dengan meningkatnya perdagangan elektronik (e-commerce). Salah satu e-commerce yang bermunculan di Indonesia yaitu Shopee dengan kampanye promosi besar seperti "Shopee 9.9 Sale", berhasil mempertahankan posisi unggulnya dengan jumlah pengunjung terbanyak selama dua tahun terakhir. Fitur yang ditawarkan Shopee mendorong gaya hidup konsumen dan berdampak pada perubahan pola perilaku berbelanja yaitu cenderung menjadi lebih impulsif dan tidak terencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh shopping lifestyle dan flash sale melalui positive emotion terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Penelitian ini menerapkan pendekatan explanatory research dengan populasi pengguna Shopee di seluruh Pulau Jawa. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel dengan jumlah responden sebanyak 205 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari pembagian kuesioner secara online melalui Google Form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap positive emotion; (2) flash sale berpengaruh signifikan terhadap positive emotion; (3) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (4) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (5) positive emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (6) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion; dan (7) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121413
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12495]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository