dc.contributor.author | FAJARIANI, Christina Rizqi | |
dc.date.accessioned | 2024-06-13T01:39:33Z | |
dc.date.available | 2024-06-13T01:39:33Z | |
dc.date.issued | 2024-03-20 | |
dc.identifier.nim | 200810201193 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121413 | |
dc.description.abstract | Perkembangan internet yang pesat di Indonesia mencerminkan kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi, terbukti dari data survei Asosiasi Penyelenggara
Jasa Internet Indonesia 2023 mencatat penetrasi internet mencapai 215,63 juta orang
pada periode 2022-2023. Hal ini telah mengubah cara individu berbelanja dengan
meningkatnya perdagangan elektronik (e-commerce). Salah satu e-commerce yang
bermunculan di Indonesia yaitu Shopee dengan kampanye promosi besar seperti
"Shopee 9.9 Sale", berhasil mempertahankan posisi unggulnya dengan jumlah
pengunjung terbanyak selama dua tahun terakhir. Fitur yang ditawarkan Shopee
mendorong gaya hidup konsumen dan berdampak pada perubahan pola perilaku
berbelanja yaitu cenderung menjadi lebih impulsif dan tidak terencana. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh shopping lifestyle dan flash
sale melalui positive emotion terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee.
Penelitian ini menerapkan pendekatan explanatory research dengan populasi
pengguna Shopee di seluruh Pulau Jawa. Purposive sampling digunakan untuk
menentukan sampel dengan jumlah responden sebanyak 205 orang. Jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer
yang berasal dari pembagian kuesioner secara online melalui Google Form. Metode
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS)
dengan bantuan software SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) shopping lifestyle berpengaruh
signifikan terhadap positive emotion; (2) flash sale berpengaruh signifikan terhadap
positive emotion; (3) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse
buying; (4) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (5) positive
emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (6) shopping lifestyle
berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion; dan (7)
flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Prof. Dr. Raden Andi Sularso, MSM.
Pembimbing Anggota Abdul Muhsyi, S.Kom., MMSI. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Impulse Buying | en_US |
dc.subject | Positive Emotion | en_US |
dc.subject | Flash Sale | en_US |
dc.subject | Shopping Lifestyle | en_US |
dc.title | Pengaruh Shopping Lifestyle dan Flash Sale melalui Positive Emotion terhadap Impulse Buying pada ECommerce Shopee | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Manajemen | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Raden Andi Sularso, MSM. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Abdul Muhsyi, S.Kom., MMSI. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 3 April 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 13 | en_US |