• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Pembelian Ulang pada Pelanggan Produk Kober Mie Kediri

    Thumbnail
    View/Open
    Novita Astuti_170210301097.pdf (2.515Mb)
    Date
    2024-01-26
    Author
    ASTUTI, Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kedai mie kekinian merupakan kedai yang selalu menyadari dan bereaksi terhadap perubahan masyarakat. Salah satu kedai mie kekinian yang cukup kuat dalam mengembangkan bisnisnya adalah Kober Mie. Kober Mie merupakan salah satu kedai mie kekinian pelopor mie pedas. Outlet pertama didirikan di Jalan Bromo No. 16 Kota Malang. Perkembangan yang semakin pesat dan tingginya minat dari masyarakat, pemilik Kober Mie membuka kesempatan untuk para investor dengan sistem waralaba atau franchise dengan bahan utama serta menu yang sudah disiapkan untuk didistribusikan pada seluruh outlet. Saat ini Kober Mie memiliki 27 outlet yang menyebar pada beberapa kota di wilayah Jawa Timur dan Bali. Kober Mie resmi membuka outlet di Kediri pada tanggal 20 April 2017 yang berlokasi di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Nomor 52 Kota Kediri. Kober Mie Kediri dikendalikan oleh supervisor yang mengkontrol 14 karyawan. Kober Mie Kediri sangat mengutamakan kualitas produk, tingkat kenyamanan konsumen dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang baik. Kemunculan kedai mie kekinian yang semakin banyak membuat kompetisi semakin ketat dan mendorong Kober Mie untuk mencari strategi yang tepat supaya dapat kompetitif diantara para pesaingnya. Kober Mie dalam menyebarluaskan informasi dan menawarkan produknya kepada konsumen dengan memanfaatkan media sosial. Kober Mie Kediri selalu memperhatikan strategi dalam berbisnis untuk mempertahankan bisnis di era munculnya banyak pesaing lainnya. Kober Mie dalam meningkatkan pembelian produknya kepada konsumen selalu berinovasi terhadap produknya dan memperhatikan kualitas produk dalam menarik konsumen melakukan pembelian ulang. Kualitas produk merupakan fitur produk yang bergantung pada kekuatan untuk memenuhi kepuasan konsumen yang diimplementasikan. Adapun tujuan dari penelitian dapat dilihat melalui pengujian hipotesis yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari variabel kualitas produk (X) terhadap variabel pembelian ulang (Y) pada pelanggan produk Kober Mie Kediri. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Purposive sampling dimanfaatkan pada penelitian untuk teknik pengambilan sampel. Pengambilan responden mengggunakan kategori nonprobability sampling dengan menggunakan metode accidental sampling. Jenis data menggunakan data kuantitatif dan cross sectional. Sumber data penelitian yaitu data primer. Pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Uji instrumen dalam penelitian yaitu uji validitas, uji reabilitas, dan uji normalitas data. Metode analisis data dalam penelitian yaitu analisis regresi linear sederhana, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Hasil penelitian menampilkan uji t (parsial) pada hipotesis membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang ditunjukkan tingkat signifikansi (α) dari variabel kualitas produk yaitu 0,00 < 0,05. Nilai thitung > ttabel yaitu 12,650 > 1,991 artinya (H1) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan persentase pangaruh dari variabel kualitas produk (X) terhadap variabel pembelian ulang (Y) dari nilai R Square yaitu 0,645 x 100% = 64,5% dan sisanya sebesar 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti brand image, lokasi, dan promosi penjualan. Hal tersebut diperkuat dengan temuan penelitian Utami (2022) mengungkapkan bahwa variabel food quality terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 88,4%. Demikian kesimpulannya semakin bagus kualitas produk akan mendorong pembelian ulang pada pelanggan produk Kober Mie Kediri
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121333
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository