• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Ilmu Al Qur'an Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI RIRIS PRASETYAWATI 200210205067.pdf (1.784Mb)
    Date
    2024-05-03
    Author
    PRASETYAWATI, Riris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan anak usia dini penting untuk meningkatkan semua aspek perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan kreativitas. Diketahui kreativitas Indonesia menempati peringkat 115 dari 139 negara. Rendahnya kreativitas disebabkan lingkungan yang tidak mendukung ekspresi kreativitas anak. Kreativitas anak dalam berpikir kreatif dan menuangkan ide pada usia dini adalah tantangan yang perlu diatasi dan perlu ditingkatkan. Temuan permasalahan di TK Ilmu Al Qur’an Jember adalah kurangnya kreativitas anak kelompok B dalam mengeksplorasi berbagai media, berkreasi dengan imajinasinya, berpikir kritis dan variatif. Guru hanya meminta anak mengerjakan LKA sehingga penggunaan media tidak memadai untuk menstimulasi kemampuan kreativitas anak. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menstimulasi kreativitas anak salah satunya dengan menggunakan media loose parts, yang mengacu pada jenis media yang dapat dimanipulasi, dibongkar pasang, dan dipindahkan, sehingga memungkinkan pemanfaatannya dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Terdiri dari bahan alam, kayu, bambu, dan kemasan bekas. Bahan tersebut, baik dimanfaatkan secara individu ataupun bersama dengan benda lain, yang dapat menimbulkan kegembiraan dan menumbuhkan kreativitas anak-anak selama bermain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu pengaruh penggunaan media loose parts terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Ilmu Al Qur’an Jember. Kegiatan penggunaan media loose parts dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan model kuasi eksperimen dan memanfaatkan desain rancanagan Non-Equivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis thitung sebesar 6.534 dengan ttabel sebesar 2.008 (6.534 > 2.008). Kemudian uji signifikasi memperlihatkan angka sebesar 0,001 yang berarti (0,001 < 0,05). Sehingga dapat disimpulan bahwa penggunaan media loose parts berpengaruh positif terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Ilmu Al Qur’an Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121299
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository