dc.contributor.author | PRASETYAWATI, Riris | |
dc.date.accessioned | 2024-06-11T03:07:00Z | |
dc.date.available | 2024-06-11T03:07:00Z | |
dc.date.issued | 2024-05-03 | |
dc.identifier.nim | 200210205067 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121299 | |
dc.description.abstract | Pendidikan anak usia dini penting untuk meningkatkan semua aspek perkembangan
anak, salah satunya adalah perkembangan kreativitas. Diketahui kreativitas
Indonesia menempati peringkat 115 dari 139 negara. Rendahnya kreativitas
disebabkan lingkungan yang tidak mendukung ekspresi kreativitas anak.
Kreativitas anak dalam berpikir kreatif dan menuangkan ide pada usia dini adalah
tantangan yang perlu diatasi dan perlu ditingkatkan. Temuan permasalahan di TK
Ilmu Al Qur’an Jember adalah kurangnya kreativitas anak kelompok B dalam
mengeksplorasi berbagai media, berkreasi dengan imajinasinya, berpikir kritis dan
variatif. Guru hanya meminta anak mengerjakan LKA sehingga penggunaan media
tidak memadai untuk menstimulasi kemampuan kreativitas anak. Maka dari itu
diperlukan media pembelajaran yang dapat menstimulasi kreativitas anak salah
satunya dengan menggunakan media loose parts, yang mengacu pada jenis media
yang dapat dimanipulasi, dibongkar pasang, dan dipindahkan, sehingga
memungkinkan pemanfaatannya dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Terdiri
dari bahan alam, kayu, bambu, dan kemasan bekas. Bahan tersebut, baik
dimanfaatkan secara individu ataupun bersama dengan benda lain, yang dapat
menimbulkan kegembiraan dan menumbuhkan kreativitas anak-anak selama
bermain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu pengaruh
penggunaan media loose parts terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Ilmu
Al Qur’an Jember. Kegiatan penggunaan media loose parts dilakukan sebanyak 5
kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan model
kuasi eksperimen dan memanfaatkan desain rancanagan Non-Equivalent Control
Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis thitung sebesar 6.534
dengan ttabel sebesar 2.008 (6.534 > 2.008). Kemudian uji signifikasi
memperlihatkan angka sebesar 0,001 yang berarti (0,001 < 0,05). Sehingga dapat
disimpulan bahwa penggunaan media loose parts berpengaruh positif terhadap
kreativitas anak kelompok B di TK Ilmu Al Qur’an Jember. | en_US |
dc.description.sponsorship | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd ,
Ahmad Afandi, M.Pd.I | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Loose Parts | en_US |
dc.subject | Kreativitas Anak | en_US |
dc.subject | TK | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Ilmu Al Qur'an Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Afandi, M.Pd.I | en_US |
dc.identifier.validator | repo_Ratna_Juni_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 11 | en_US |