Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study for Learning Community Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study for Learning Community terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempeh. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Ttabel<Thitung yaitu 1.6747<2.215, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis LSLC dengan model pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study for Learning Community berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan aritmetika sosial.