• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Teknologi Berbasis Animasi Sebagai Sarana Edukasi Anak dalam Mencegah Penularan Hepatitis Akut di Sekolah

    Thumbnail
    View/Open
    F KEP_Teknologi Berbasis Animasi Sebagai Sarana Edukasi.pdf (2.570Mb)
    Date
    2024-01-01
    Author
    NISTIANDANI, Ana
    SULISTYORINI, Lantin
    SISWOYO, Siswoyo
    SUTAWARDANA, Jon Haffan
    HAKAM, Mulia
    UBAIDILLAH, Mochammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    TEKNISI merupakan teknologi yang dimodifikasi tampilannya dalam video animasi. TEKNISI di desain untuk meningkatkan pengetahuan anak sebagai upaya mencegah terjadinya penularan hepatitis akut di lingkungan sekolah. TEKNISI mengandung materi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Anak-anak usia dibawah 16 tahun menjadi perhatian utama dari kasus Acute Hepatitis of Unknown Aetiology (hepatitis akut). Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) peserta dalam mencegah penularan hepatitis di sekolah. Metode yang dilakukan melalui edukasi kesehatan berbasis teknologi yang disebut “TEKNISI”. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan empat tahap, meliputi pemberian edukasi, demonstrasi dan re-demonstrasi, diskusi, dan evaluasi. Partisipasi mitra yang terlibat adalah anak-anak PAUD dan TK dibawah Yayasan Al-Fitroh Jember yang berjumlah 58 siswa. Hasil dari kegiatan pengabdian pemberian intervensi video animasi, didapatkan 58 peserta (100%) dapat menyebutkan PHBS untuk mencegah penularan hepatititis akut disekolah. PHBS tersebut meliputi cuci tangan 6 langkah, minum air yang matang, membawa peralatan makan sendiri, mengkonsumsi sayur dan buah, membuang sampah pada Jurnal Panrita Abdi, Januari 2024, Volume 8, Issue 1. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi 206 tempatnya, serta olahraga. Dengan demikian, teknologi video berbasis animasi ini disimpulkan dapat meningkatkan pengetahuan anak PAUD dan TK pada kategori usia ≥ 3 - ≤ 7 tahun sebanyak 100%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121158
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository