Preferensi Konsumen Terhadap Beberapa Merek Kopi Bubuk dalam Kemasan di Kabupaten Jember Melalui Pendekatan Multiatribut Fishbein
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap kopi bubuk dalam kemasan serta
atribut fisik beberapa merek kopi bubuk di Kabupaten Jember, dengan fokus pada karakteristik konsumen
dan preferensi mereka terhadap kopi. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja di beberapa kecamatan di
Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap kopi dipengaruhi
oleh faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, frekuensi konsumsi, dan lokasi geografis.
Analisis Multiatribut Fishbein digunakan untuk mengukur preferensi terhadap atribut fisik seperti cita
rasa, desain kemasan, aroma, warna, ampas kopi, dan kekentalan. Aroma terbukti menjadi faktor paling
berpengaruh dalam preferensi konsumen terhadap merek kopi bubuk yang diteliti. Merek X disukai
karena desain kemasan yang dikenal luas, Merek Y menarik perhatian dengan warnanya yang menarik,
dan Merek Z dikenal dengan ampas kopi yang halus. Hasil penilaian terhadap sikap konsumen terhadap
atribut fisik menunjukkan penilaian sikap positif untuk Merek X, sementara Merek Y dan Merek Z
dikategorikan sikap netral. Secara keseluruhan berdasarkan atribut fisik berupa cita rasa, desain kemasan,
aroma, warna, ampas, dan kekentalan, konsumen menunjukkan sikap netral terhadap atribut fisik kopi,
menunjukkan kompleksitas dalam preferensi konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan
preferensi individu mereka.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]